Tanjung Papuma Jember, pesona dua pantai dalam satu pandangan

Tanjung Papuma berjarak kurang lebih 40Km kearah selatan dari Kota Jember, dan terletak di Desa Lojejer Kecamatan Wuluhan dan dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 90 menit dari Kota Jember. Tanjung Papuma memiliki ciri khas yang unik yaitu kita dapat berada di dua pantai sekaligus, kemudian terdapatnya kelenteng disana dan juga jejeran kapal nelayan yang baru pulang melaut yang tertambat di pinggir pantai yang bisa kita temui jika kita berkunjung pada dini hari.


Kata Papuma sendiri merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan, sesuai dengan namanya yaitu Tanjung maka kita akan bisa melihat bagaimana sebuah penjorokan daratan ke laut dengan kedua pantai yang terdapat disana yaitu Pantai Pasir Putih dan pantai Malikan. Kita bisa melihat kedua pantai ini dari satu sudut yaitu dipuncak yang terdapat di ujung tanjung, dari puncak ini kita bisa melihat pemandangan yang luar biasa dari kedua pantai ini dan juga ciri khas dari Tanjung Papuma yang lain yaitu adanya batu karang besar yang berjumlah tujuh buah.



Dan ada hal unik lainnya ketika kita sedang berada diatas tanjung ini, kita akan banyak menemui monyet dan juga lutung, jangan kawatir mereka aman walaupun liar yang terpenting jangan diberi makan supaya sifat aslinya tidak berubah. Pantai Pasir Putih terkenal dengan banyaknya kapal nelayan yang tertambat dipinggir pantai setelah mereka pulang dari melaut, sedangkan Pantai malikan terkenal dengan bebatuan dan juga ombaknya yang luar biasa cantik.



Untuk bisa masuk ketempat ini kita akan merogoh kocek sebesar Rp. 20.000 dengan rincian yaitu tiket masuk sebesar Rp. 15.000 per orang dan parkir kendaraan Rp. 5000 utuk roda empat. Jadi cukup murah harga yang ditawarkan apalagi kita bisa mendapatkan dua pantai sekaligus dalam sekali kunjungan.



Jika kita inging menginap ditempat ini jangan khawatir karena di Pantai Pasir Putih terdapat home stay yang cukup bersih dan nyaman, bahakan ada masjid juga didekat home stay tersebut, untuk masalah makan jangan khawatir karena banyak warung yang menjajakan berbagai makanan aneka makanan laut seperti ikan dan lainnya.


Akan tetapi jika teman-teman ingin mencari penginapan murah yang ada di Kota Jember berikut ini kami berikan refernsinya yaitu Hotel Kemayoran dengan harga Rp. 80.000 kamar cukup untuk 4 orang, lengkap dengan TV kabel, Kipas angin, dan juga kamar mandi dalam, hotel ini terletak di Jl. Letjen Suprapto No. 22 dan No telponnya (0331)334884


Rute yang dapat ditempuh menuju Tanjung Papuma:

Dari Jakarta:

Gunakan Jasa Kereta api dari stasiun Pasar Senin (Gajahwong, Gaya Baru Malam, Bengawan, Jaka Tingkir Krakatau, Bogowonto, dan Progo) menuju stasiun Lempuyangan Yogyakarta, dari Stasiun Lempuyangan lanjut menggunakan kereta api lagi (Sri Tanjung, Logawa) menuju stasiun Jember. kemudian kita bisa menyewa motor atau mobil untuk menuju Tanjung Papuma dengan melewati rute Jl. PB Sudirman lanjut menuju Jl. Otto Iskandar Dinarta kemudian lanjut menuju Jl. Semeru melintasi Jl. Kawi dan Jl. Jember-Ambulu dan lanjut menuju Jl. Watuulo jarak yang ditempuh kurang lebih sejauh 40Km dan dapat ditempuh kurang lebih 1 Jam.

Dari Bandung:

Gunakan Jasa Kereta api dari stasiun Bandung (Lodaya Pagi, Malabar, Argo Wilis, Mutiara Selatan, Lodaya Malam, dan Turangga) menuju stasiun Yogyakarta, dari stasiun Yogyakarta kita menuju ke Stasiun Lempuyangan, dari Stasiun Lempuyangan lanjut menggunakan kereta api lagi (Sri Tanjung, Logawa) menuju stasiun Jember kemudian kita bisa menyewa motor atau mobil untuk menuju Tanjung Papuma dengan melewati rute Jl. PB Sudirman lanjut menuju Jl. Otto Iskandar Dinarta kemudian lanjut menuju Jl. Semeru melintasi Jl. Kawi dan Jl. Jember-Ambulu dan lanjut menuju Jl. Watuulo jarak yang ditempuh kurang lebih sejauh 40Km dan dapat ditempuh kurang lebih 1 Jam.

Dari Yogyakarta:

Gunakan Jasa Kereta api dari Stasiun Lempuyangan (Sri Tanjung, Logawa) menuju stasiun Jember. kemudian kita bisa menyewa motor atau mobil untuk menuju Tanjung Papuma dengan melewati rute Jl. PB Sudirman lanjut menuju Jl. Otto Iskandar Dinarta kemudian lanjut menuju Jl. Semeru melintasi Jl. Kawi dan Jl. Jember-Ambulu dan lanjut menuju Jl. Watuulo jarak yang ditempuh kurang lebih sejauh 40Km dan dapat ditempuh kurang lebih 1 Jam.

Semoga bisa menjadi refrensi untuk teman-teman yang ingin berkunjung ke Tanjung Papuma, jangan lupa jaga selalu kebersihan buanglah sampah pada tempatnya jika tidak ada tempat sampah, simpanlah sampahmu sampai menemukan tempat sampah, hargai alam, maka alam akan melindungimu.

Berikut ini video mengenai keindahan Tanjung Papuma mudah-mudahan bisa menjadi refrensi untuk teman-teman sebelum berkunjung kesana, selamat menonton jangan lupa like dan subscribenya ya. Terimakasih.

Related Posts:

0 Response to "Tanjung Papuma Jember, pesona dua pantai dalam satu pandangan"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda