Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Mengapa Berwarna Merah?

Pantai Pulau Merah atau orang sekitar menyebutnya dengan Pulo Merah merupakan salah satu tempat wisata yang terdapat di Banyuwangi dan terletak di Kec. Pesanggaran Banyuwangi. Pantai ini memiliki jarak kurang lebih 76Km dari Stasiun Banyuwangi Baru, dan dapat memakan waktu kurang lebih 2 jam jika kita menggunakan kendaraan pribadi dari Stasiun Banyuwangi Baru.



Pantai Pulau Merah ini dinamakan demikian karena memang didalamnya terdapat pantai dan pulau yang bentuknya seperti bukit yang ditumbuhi pepohonan yang berwarna hijau dengan warna tanahnya yang merah, dan warna merah ini akan terlihat cantik jika kita bisa berkunjung ke pantai ini di saat musim kemarau dan langit terlihat cerah, karena pantulan dari sinar matahari akan membuatnya terlihat berwarna merah sekali, dan kita bisa mengunjungi pulau tersebut apabila air sedang surut dan cukup dengan berjalan kaki saja kita sudah bisa menikmati keidahan pulau tersebut.


Pada awalnya pantai ini disebut Pantai Ringin Pitu, berubah menjadi Pantai Pulau merah karena menurut cerita orang disana konon pernah muncul cahaya merah dari pulau yang bisa kita kunjungi tersebut, kemudian jadilah pantai tersebut dinamankan Pantai Pulau Merah.

Ciri khas dari pantai ini selain pulau yang berwarna merah yaitu ombaknya yang luar biasa besar, sehingga cocok sekali untuk para pencinta surfing, ombaknya bisa mencapai 3 meter bahkan lebih menurut orang disekitar sana, dan sekarang setiap tahunnya diadakan Banyuwangi International Surf Competition yang biasa berlangsung dibulan Mei, selain ombaknya yang luar biasa pasir pantainya bersih cocok untuk bermain keluarga khususnya anak-anak, dan di pantai ini juga terdapat pura untuk tempat beribadah pemeluk agama Hindu yang bernama Pura Segara Tawang Alun yang berdiri sejak tahun 1980.

Untuk masuk ke dalam Pantai Pulau Merah kita harus merogoh kocek sebesar Rp. 13.000 dengan rincian sebagi berikut Tiket masuk Rp. 8000 dan Tiket parkir kendaraan Rp. 5000 (Mobil).



Sebelum mengunjungi Pantai Pulau Merah kami bermalam di sebuah penginapan yang lumanyan murah dan cukup nyaman di Banyuwangi, berjarak kurang lebih 7Km dari Stasiun Banyuwangi Baru dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit. Nama penginapan tersebut adalah Shintana Home Stay yang terletak di Jl. Karimun Jawa No.15, Banyuwangi, kami mendapatkan kamar dengan harga Rp. 150.000 dan kamar tersebut cukup untuk 4-5 orang (Fasilitas didalamnya yaitu kamar mandi dalam, TV kabel, AC, wifi, sarapan pagi gratis).


Rute yang dapat ditempuh menuju Pantai Pulau Merah:

Dari Jakarta:

Gunakan Jasa Kereta api dari stasiun Pasar Senin (Gajahwong, Gaya Baru Malam, Bengawan, Jaka Tingkir Krakatau, Bogowonto, dan Progo) menuju stasiun Lempuyangan Yogyakarta, dari Stasiun Lempuyangan lanjut menggunakan kereta api lagi (Sri Tanjung) menuju stasiun Banyuwangi Baru. kemudian kita bisa menyewa motor atau mobil untuk menuju Pantai Pulau Merah dengan melewati rute Jl. Raya Situbondo-Banyuwangi sejauh 76Km dan dapat ditempuh kurang lebih 2 Jam.

Dari Bandung:

Gunakan Jasa Kereta api dari stasiun Bandung (Lodaya Pagi, Malabar, Argo Wilis, Mutiara Selatan, Lodaya Malam, dan Turangga) menuju stasiun Yogyakarta, dari stasiun Yogyakarta kita menuju ke Stasiun Lempuyangan, dari Stasiun Lempuyangan lanjut menggunakan kereta api lagi (Sri Tanjung) menuju stasiun Banyuwangi. kemudian kita bisa menyewa motor atau mobil untuk menuju Pantai Pulau Merah dengan melewati rute Jl. Raya Situbondo-Banyuwangi sejauh 76Km dan dapat ditempuh kurang lebih 2 Jam.

Dari Yogyakarta:

Gunakan Jasa Kereta api dari Stasiun Lempuyangan (Sri Tanjung) menuju stasiun Banyuwangi. kemudian kita bisa menyewa motor atau mobil untuk menuju Pantai Pulau Merah dengan melewati rute Jl. Raya Situbondo-Banyuwangi sejauh 76Km dan dapat ditempuh kurang lebih 2 Jam.

Jika Ingin menggunakan Angkutan umum kita bisa menuju Terminal Banyuwangi kemudian lanjut menggunakan bus jurusan  Pesanggaran kemudian lanjut menggunakan ojek menuju Pantai Pulau Merah.

Semoga bisa menjadi refrensi untuk teman-teman yang ingin berkunjung ke Pantai Pulau Merah, jangan lupa jaga selalu kebersihan buanglah sampah pada tempatnya jika tidak ada tempat sampah, simpanlah sampahmu sampai menemukan tempat sampah, hargai alam, maka alam akan melindungimu.

Berikut ini video mengenai keindahan Pantai Pulau Merah mudah-mudahan bisa menjadi refrensi untuk teman-teman sebelum berkunjung kesana, selamat menonton jangan lupa like dan subscribenya ya. Terimakasih.

Related Posts:

0 Response to "Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Mengapa Berwarna Merah?"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda