Pantai dan Air terjun Pelang, Trenggalek kondisimu saat ini?

Pantai Pelang terletak di Desa Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia, berjarak kurang lebih 57Km dari pusat kota Trenggalek, dibutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam untuk bisa sampai pantai ini.
Pantai Pelang ini memiliki karakter ombak yang besar, jadi kurang cocok untuk berenang ditempat ini, kalau hanya bermain dengan ombak di pinggir pantai masih OK lah...tapi tetap harus berhati-hati apalagi yang membawa anak kecil harus terus dijaga dan diperhatikan.


Selain ombaknya yang besar, pasir dipantai ini berwarna coklat dan hitam, dan juga kita bisa menyaksikan  adanya tebing-tebing disekitaran pantai yang menjadi nilai plus dari pantai ini, belum adanya home stay ditempat ini dan juga warung penjual makanan atau minuman yang jauh dari garis pantai membuat saya kagum dengan pantai ini.

Kemudian adanya goa didekat pantai yang memiliki stalaktit yang masih aktif dengan adanya air yang menetes dari stalaktitnya membuat pemandangan menuju pantai semakin asik, nampaknya goa-goa ini dulu pernah dijadikan tempat tinggal tapi itu baru kemungkinan saja belum ada info mengenai hal tersebut, dan yang unik lagi di pantai ini adalah untuk bisa menuju garis pantai, kita harus melewati sungai kecil yang kadang meluap ketika air laut pasang, tapi tenang tingginya hanya sampai sebatas lutut saja kok, masih aman untuk dilalui.



Dan yang membuat saya terkesan dari pantai ini yaitu terdapatnya air terjun didekatnya, ya...karena letaknya yang berdekatan dengan pantai, maka air terjun tersebut dinamakan Air Terjun Pantai Pelang, pemandangan air terjun ini nggak kalah dengan air terjun yang ada ditempat lain, airnya yang deras dan juga kalau kita bisa lihat lebih jelas kita akan menyaksikan dua buah air terjun disana, jadi kalian nggak akan rugi berkunjung ke tempat ini langsung bisa dapet dua tempat wisata sekaligus he..he..


Hanya saja ada hal yang masih harus dibenahi, yaitu masih banyak ditemukan sampah di dekat pantai padahal pihak pengelola sudah menyediakan banyak sekali tempat sampah disekitar pantai, ini harus menjadi perhatian khusus bagi kita wisatawan, tolong buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan jika pantai bersih kita semua juga pastinya akan nyaman berkunjung kesana, apa susahnya membuang sampah pada tempatnya? toh juga nanti kalau pantai ini terjaga kelestariannya anak cucu kita masih bisa menikmatinya kan? selain wisatawan mungkin pembinaan juga perlu dilakukan oleh para pemilik kios kami sempat melihat ketika mereka membereskan kios disore hari menjelang tutup pantai, memang mereka membersihkan kios sampai bersih dari dalam kiosnya sampai jalan depan tempat dimana orang-orang bisa menikmati hidangan yang mereka sajikan, selanjutnya sampah hanya didiamkan dipinggir jalan saja, padahal tong sampah banyaknya luar biasa dikiri dan kanan mereka. Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan alam kita ini untuk bisa terus kita nikmati sampai generasi kita selanjutnya.

Rute yang dapat ditempuh untuk menuju Pantai Pelang:

Dari Yogyakarta:

Menuju Wonosari kemudian lanjut menuju Pracimantoro lanjut menuju Pacitan kemudian menuju Kab. Trenggalek dari sini menuju Jl. Raya Karangan kemudian lanjut menuju Jl. Dongko-Karangan kemudian lanjut menuju Jl. Raya Sumber Bening kemudian belok kanan menuju jalan Jl.Panggul Dongko lanjut menuju Jl. Dongko-Kampak lanjut menuju Jl. Raya Panggul kemudian belok kiri setelah Kantor Desa Gayam lanjut terus sampai bertemu dengan papan petunjung Pantai Pelang kemudain belok kanan.

Dari Jakarta:

Menuju Yogyakarta menggunakan bus atau kereta api, kemudian setelah sampai Yogyakarat bisa menyewa kendaraan seperti motor atau mobil lanjut Menuju Wonosari kemudian lanjut menuju Pracimantoro lanjut menuju Pacitan kemudian menuju Kab. Trenggalek dari sini menuju Jl. Raya Karangan kemudian lanjut menuju Jl. Dongko-Karangan kemudian lanjut menuju Jl. Raya Sumber Bening kemudian belok kanan menuju jalan Jl.Panggul Dongko lanjut menuju Jl. Dongko-Kampak lanjut menuju Jl. Raya Panggul kemudian belok kiri setelah Kantor Desa Gayam lanjut terus sampai bertemu dengan papan petunjung Pantai Pelang kemudain belok kanan.

Jika menggunakan kendaraan umum naik bus menuju terminal kota Trenggalek, kemudian lanjut menggunakan bus jurusan Trenggalek -Lorok kemudian turun di kecamatan Panggul, kemudain lanjut dengan menggunakan ojek sampai di Pantai Pelang.


Semoga bisa menjadi refrensi untuk teman-teman yang ingin berkunjung ke Pantai dan Air Terjun Pelang, jangan lupa jaga selalu kebersihan buanglah sampah pada tempatnya jika tidak ada tempat sampah, simpanlah sampahmu sampai menemukan tempat sampah, hargai alam, maka alam akan melindungimu.

Berikut ini video mengenai keindahan Pantai dan Air Terjun Pelang mudah-mudahan bisa menjadi refrensi untuk teman-teman sebelum berkunjung kesana, selamat menonton jangan lupa like dan subscribenya ya. Terimakasih.


Related Posts:

0 Response to "Pantai dan Air terjun Pelang, Trenggalek kondisimu saat ini?"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda