Goa Lowo goa terpanjang di Asia Tenggara

Goa Lowo terletak di Desa Watuagung, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia merupakan salah satu tempat wisata yang berada di daerah Trenggalek yang berdekatan dengan Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Damar. Ditempat ini kita benar-benar akan bisa bertemu langsung dengan kelelawar yang terletak didalam goa yang hinggap di dinding atas goa, dan tentu saja bau amoniak dari kotorannya yang begitu menyengat akan terasa di hidung kita sepanjang kita menelusuri goa.


Ketika kita akan masuk kedalam Goa Lowo kita akan diberikat dua jalan alternatif, yaitu melewati Batu Kura-kura dan Batu Gantung dimana jalan ini naik dan turun atau melalui terowongan baru dimana jalannya datar. Kami putuskan untuk memilih jalan yang datar saja, karena ingin melihat seperti apa bentuk dari terowongan yang baru dibuat ini.


Goa Lowo sendiri sudah di fasilitasi dengan jembatan permanen yang dapat dilalui oleh dua orang sekaligus, jadi ini sangat membantu wisatawan yang akan berkunjung ketempat ini, hanya saja jangan kaget setiap jalan yang kita lalui akan selalu basah karena memang Goa Lowo ini masih termasuk goa yang aktif sehingga dari stalaktit akan terus meneteskan air, oleh karena itu walaupun jalan buatan atau jembatan buatan ini kondisinya bagus akan tetapi tetaplah untuk berhati-hati karena ada bagian-bagian tertentu yang licin karena tetesan air tersebut.




Goa Lowo sendiri merupakan goa terpanjang di Asia Tenggara, kenapa bisa demikian karena telah dilakukan penelitian bersama yang dilakukan oleh peneliti dalam negri dan juga luar negri sebelum Goa Lowo ini dijadikan tempat wisata, para tim ahli yang meneliti goa ini menelusuri goa untuk mengetahui panjangnya goa dan juga kadar oksigen yang terdapat didalam goa ini, sehingga bisa menjadi referensi atau acuan apakah goa ini bisa dijadikan tempat wisata atau tidak. 

Setelah penelitian tersebut berakhir ternyata disimpulkan bahwa kadar oksigen di dalam Goa Lowo ini relatif bagus sehingga cocok untuk dijadikan tempat wisata, dan ternyata selama penelitian juga Goa Lowo dinyatakan sebagai goa terpanjang seasia tenggara. Panjang goa yang bisa ditelusuri oleh wisatawan adalah 800 meter, jadi jalan buatan atau jembatan buatan yang telah dibuat oleh pemerintah daerah hanya sampai 800 meter saja, hanya saja sebetulnya goa ini masih bisa ditelusuri lebih dalam lagi, akan tetapi untuk masuk ke bagian dalam goa harus melawati sungai bawah tanah yang sampai saat ini kami juga belum tau kedalamannya. 


Foto diatas merupakan foto yang kami ambil di titik terakhir dimana wisatawan bisa masuk, setelah itu tidak ada lagi jalan buatan atau jembatan buatan, jika kita bisa lihat di foto tersebut sebetulnya masih ada lorong lagi yang masih bisa ditelusur dan itu sudah masuk dalam lorong yang teraliri air yang berasal dari sungai bawah tanah.

Kami sendiri sempat melihat selebaran yang ditempel di tempat pembelian tiket bahwa ada wisata telusur goa dengan gambar menggunakan life jacket dan perlengkapan keamana lainnya, mungkin saja ini paketan wisata bagi yang ingin menelusuri goa ini lebih dalam lagi, hanya saja kami tidak sempat bertanya mengenai paketan wisata tersebut.

Untuk tiket masuk kami dikenakan biaya Rp. 10.000 per orangnya, dan tiket ini bisa kita beli di loket pembelian tiket yang letaknya berdekatan dengan tempat parkir.



Secara garis besar Goa Lowo merupakan wisata yang ramah untuk keluarga, dan sangat aman untuk anak-anak, selain karena didalam Goa Lowo dimana akses jalannya sudah cukup bagus, diluar Goa Lowo juga terdapat taman bermain untuk anak jadi kami beranggapan bahwa anak-anak tidak akan bosan ketika berkunjung ke tempat ini.

Rute yang dapat ditempuh untuk menuju Goa Lowo:

Dari Yogyakarta:

Menuju Wonosari kemudian lanjut menuju Pracimantoro lanjut menuju Pacitan kemudian menuju Kab. Trenggalek dari sini menuju Jl. Raya Tulungagung-Trenggalek kemudian lanjut menuju Jl. Raya Durenan belok kanan menuju Jl.Gandusari-Durenan lanjut menuju Jl. Dusun Tanggung kemudian belok kanan menuju Jl. Raya Kedung setelah bertemu pertigaan belok kiri lanjut menuju Jl. Raya Bandung-Prigi dan kurang lebih 23Km Goa Lowo terletak di kiri Jalan.

Dari Jakarta:

Menuju Yogyakarta menggunakan bus atau kereta api, kemudian setelah sampai Yogyakarat bisa menyewa kendaraan seperti motor atau mobil lanjut Menuju Wonosari kemudian lanjut menuju Pracimantoro lanjut menuju Pacitan kemudian menuju Kab. Trenggalek dari sini menuju Jl. Raya Tulungagung-Trenggalek kemudian lanjut menuju Jl. Raya Durenan belok kanan menuju Jl.Gandusari-Durenan lanjut menuju Jl. Dusun Tanggung kemudian belok kanan menuju Jl. Raya Kedung setelah bertemu pertigaan belok kiri lanjut menuju Jl. Raya Bandung-Prigi dan kurang lebih 23Km Goa Lowo terletak di kiri Jalan.


Semoga bisa menjadi refrensi untuk teman-teman yang ingin berkunjung ke Goa Lowo, jangan lupa jaga selalu kebersihan buanglah sampah pada tempatnya jika tidak ada tempat sampah, simpanlah sampahmu sampai menemukan tempat sampah, hargai alam, maka alam akan melindungimu.

Berikut ini video mengenai keindahan Goa Lowo mudah-mudahan bisa menjadi refrensi untuk teman-teman sebelum berkunjung kesana, selamat menonton jangan lupa like dan subscribenya ya. Terimakasih


Related Posts:

0 Response to "Goa Lowo goa terpanjang di Asia Tenggara"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda