Pantai Sundak Gunungkidul, Yogyakarta

Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarat, Indonesia. Pantai sundak pada awalnya bernama Pantai Wedibedah (pasir yang terbelah) karena pada saat musim hujan tiba, sering muncul air yang membelah pasir pantai dari daratan menuju kelaut sehingga membentuk sungai kecil. namun pada tahun 1976 ada suatu kejadian yang menarik yang pada akhirnya membuat perubahan pada nama pantai tersebut yaitu terdapatnya perkelahian antara anjing dan landak laut yang terjadi didalam gua karang yang terletak dekat dengan pantai, akhirnya perkelahian tersebut dimenangkan oleh anjing dan landak laut berhasil dimakannya, ketika pemilik anjing tersebut datang dan melihat anjing tersebut telah memakan si landak laut sejak saat itu pantai tersebut di namakan Pantai Sundak yang berasal dari kata Asu (anjing) dan Landak.


Pantai Sundak menyajikan keindahan alam yang luar biasa asalkan Anda berkunjungnya tidak pada saat musim liburan, jika pada saat musim liburan maka pantai ini akan penuh sesak dengan pengunjung dan Anda tau sendiri bagaimana rasanya datang kepantai pada saat banyak sekali pengunjung yang berdatangan, garis pantai yang terdapat di Pantai Sundak sangat pendek jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Jogja, sehingga Anda dapat berjalan kaki untuk menuju ke batas akhir pasir pantai. Di pantai ini Anda akan menemukan bukit karang yang menjulang dengan indah, dan tentu saja ombak di pantai ini lumayan besar jadi perhatikan anak-anak yang ingin bermain air disini, ada papan peringatan untuk tidak mendekati bukit karang tersebut karena rawan longsor dan juga tidak boleh berenang disekitaran area bukit karang mungkin terdapat cekungan yang dalam. Seperti tempat wisata pantai lainnya ketika sudah terkenal maka tak bisa lepas dari namanya warung dan juga tempat sofenir, beruntung tidak ada orang yang berjualan di pinggir pantai atau bahkan sampai masuk kepasir pantai. Di pantai ini Anda dapat berjemur dan juga menikmati keindahan air laut, momen terbaik adalah dimalam hari sambil menikmati angin anda juga bisa memesan ikan bakar tapi harus diingat tetap jaga kebersihan.

Rute yang dapat Anda lewati untuk menuju Pantai Sundak:

Rute menuju kawasan Pantai wonosari, Masuk ring road timur janti (fly over Janti) anda lurus terus sampai menemukan papan petunjuk kearah wonosari setelah menemukan papan petunjuk arah wonosari maka anda belok kiri (kalau tidak salah perempatan kedua setelah fly over Janti) ikuti saja terus jalur (jalan Yogyakarta-Wonosari) >> setelah anda sampai dipertigaan gading belok kanan menuju kecamatan playen (jalan Tumpak Playen)>> setelah anda menemukan pertigaan pertama anda belok kanan sedikit lalu belok kiri menuju paliyan (jalan Playen-Palian) >> setelah itu ikuti jalur tersebut menuju pasar trowono (jalan Palian-Panggang) >> ketika anda sudah sampai pada pertigaan (jalan Pantai Selatan jawa) maka anda blok ke kanan menuju daerah singkil >> setelah melewati Gua maria tritis lurus terus sampai ke pertigaan Mulo >> dari pertigaan Mulo lurus saja kearah Pantai Baron >> 1Km sebelum Pantai Baron ada pertigaan maka Anda belok kiri >> nanti Anda akan melewati Pantai Kukup, Sepanjang, Drini, Krakal, Ngandong setelah itu baru Anda akan sampai di Pantai Sundak.

Tiket yang harus dibayar merupakan tiket terusan untuk 2 orang sebesar Rp.19.000 (* Harga bisa berubah-ubah setiap waktu, jangan dijadikan patokan).

Untuk Parkir kendaraan Roda dua dikenakan tarif  Rp.2000 dan untuk Roda empat Rp.5000 (* Harga bisa berubah-ubah setiap waktu, jangan dijadikan patokan).



Semoga bisa menjadi refrensi teman-teman yang ingin berkunjung ke Pantai Sundak, selalu diingat jagalah kebersihan, Tuhan memberkati

Related Posts:

0 Response to "Pantai Sundak Gunungkidul, Yogyakarta"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda