Gua Maria Kerep Ambarawa

Gua Maria Kerep Ambarawa merupakan salah satu pelopor berdirinya Gua Maria yang terdapat di pulau Jawa, setelah Gua Maria Sendangsono dan Gua Maria Sriningsih, Gua Maria Kerep didirikan pertama kali pada tahun 1954 lahir dengan sejarah yang sangat sederhana bahkan tanpa ada peristiwa penampakan sama sekali, Gua Maria Kerep lahir berkat campur tangan dari seseorang warga negara Belanda yang bertugas sebagai pengelola kebun di Ambarawa dan dengan iklas mempersembahkan tanahnya beserta rumahnya untuk kemajuan Gereja, oleh Gereja tanah beserta rumahnya diberikan kepada Kongregasi Bruder Para Rasul dan Kongregasi tersebut didirikan oleh monsinyur pribumi pertama Indonesia yaitu Mgr. Soegijapranata.



Secara administratif Gua Maria Kerep ini terletak di Jl. Tentara Pelajar, Kerep. Kelurahan Panjang. Kecamatan Ambarawa, Jawa Tengah 50614, Telepon: (0298) 592085, rute yang dapat Anda tempuh:

Dari Jogjakarta :

Anda bisa melalui JL. Magelang menuju JL. Magelang - Purworejo >> menuju Muntilan >> Melewati Borobudur dan SMA Seminari Mertoyudan >> menuju JL. Raya Secang - Magelang >> menuju JL. Raya Magelang - Semarang >> melalui JL. Raya Semarang - Yogyakarta >> melalui JL. Raya Pringsurat >> melalui JL. Raya Pingit Pringsurat >> melalui JL. Raya Magelang - Semarang >>melalui JL. Raya Ambarawa - Magelang >> melalui JL. Sugio Pranoto >> setelah melihat SD Pangudi Luhur Ambarawa Anda dapat melihat papan petunjuk bertuliskan Gua Maria Kerep Ambarawa, dan Anda dapat masuk sejauh 900 m kearah utara dan Anda akan samapi di pintu masuk Gua Maria Kerep.

Dari Jakarta :
Anda bisa menuju Jogja terlebih dahulu menggunakan kereta api atau bus lalu kemudian menggunakan Bus Jogja - Semarang dari terminal giwangan Jogja dan berhenti persisi didepan SD Pangudi Luhur Ambara kemudian Anda bisa naik ojeg untuk menuju ke pintu masuk Gua Maria Kerep, jika naik kendaran pribadi Anda bisa melalui tol Cipali - Palimanan >> Tegal >> Pekalongan >> Kendal >> Semarang >> Ungaran >> bawen >> Ambarawa >>  setelah melihat SD Pangudi Luhur Ambarawa Anda dapat melihat papan petunjuk bertuliskan Gua Maria Kerep Ambarawa, dan Anda dapat masuk sejauh 900 m kearah utara dan Anda akan samapi di pintu masuk Gua Maria Kerep

Di Gua Maria ini selain berdoa devosi kepada Bunda Maria dan juga melakukan rosario, Anda juga bisa melakukan ibadat doa Jalan Salin untuk dapat merasakan sengsara Yesus saat perjalanannya menuju penyaliban untuk menebus dosa manusia, doa jalan salib dimulai dari Pasturan Paroki St. Yusup Ambara sebagai pemberhentian pertama kemudian Anda akan dibawa menuju pemberhentian selanjutnya sampai akhir pemberhentian dengan menyusuri persawahan, rumah penduduk, dan ladang dengan total jarak 1,2 Km.

Dan pada tahun 2015 di Gua Maria Kerep Ambarawa berdiri patung Bunda Maria tertinggi di dunia yang diresmikan dan diberkati oleh Almh. Mgr. Johhanes Pujasumarta, patung Bunda Maria Assumpta tersebut memiliki tinggi 42m dan dibuat oleh seniman patung yang berasal dari Ambarawa, dan menjadi icon baru bagi para peziarah, banyak sekali pada peziarah yang ingin mengabadikannya dengan berfoto dibawah patung tersebut bahkan sampai rela berhujan-hujanan. Pada kepala patung Bunda Maria terdapat replika tujuh pancaran sinar yang menggambarkan Sapta duka Bunda Maria, dan Patung Bunda Maria Assumpta ini menghadap ketimur menghadap matahari terbit yang menandakan bahwa Bunda Maria menyinari semua orang baik jahat maupun baik.



Semoga bisa menjadi refrensi untuk teman-teman yang ingin berkunjung ke Gua Maria Kerep Ambarawa, semoga semua permohonan teman-teman bisa terkabul, Tuhan memberkati. dan tetap harus selalu diingat jaga selalu kebersihan

Related Posts:

0 Response to "Gua Maria Kerep Ambarawa"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda