Air terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Yogyakarta

Air terjun Sri Gethuk merupakan air terjun yang terletak di desa wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia, air terjun ini berada di tepi sungai Oya. Air terjun Sri Getuk pada jaman dahulu sering disebut Air terjun Slempret, nama Slempret sendiri merupakan sebuah nama yang berasal dari sebuah legenda yang terkenal dikalangan warga desa wisata Bleberan, menurut warga sekitar air terjun ini merupakan tempat para jin berkumpul dengan pemimpinnya bernama Jin Anggo Menduro, dan mengapa dinamakan Getuk karena ditempat ini juga merupakan tempat penyimpanan alat musik Gethuk atau gamelan yang dimiliki oleh Jin Anggo Menduro. Air terjun Sri Gethuk ini berawal dari tiga sumber mata air yaitu Kedungpoh, Ngandong, dan Ngumbul ketiga sumber mata air itu bersatu dan membentuk aliran air yang jatuh dari batuan tebing yang ada disana yang merupakan perbukitan karst khas daerah Gunungkidul.


Air terjun Sri Gethuk ini buka dari pukul 08:00WIB sampai 17:15WIB, tidak ada toleransi bagi para pengunjung yang nekat tetap ingin bertahan lama disana melewati jam yang disarankan konsekuensinya ya ditinggal, saya bertanya kepada petugas disana, kenapa hanya sampai pukul 17:15? mereka menjawab karena tidak adanya penerangan mereka takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ya mungkin tempatnya masih angker kali ya ha..ha..ha.., ya pokoknya kalau kesini diikuti aturannya OK.

Di Air Terjun Sri Gethuk ini terdapat beberapa paket wisata yang ditawarkan seperti:

1. Body Rafting 

Yaitu menyusuri aliran sungai Oyo dengan menggunakan jaket keselamatan atau pelampung dengan ditemani oleh pemandu yang sudah berpengalaman. harga Rp 35.000 perorang

2. Flaying Fox

Yaitu merasakan sensasi meluncur diatas aliran sungai Oyo dengan jarak luncur sejauh 25 m, ya tentu saja ini kita harus reservasi dari jauh-jauh hari agar perlengkapan semuanya bisa dipersiapkan. harga Rp. 25.000 perorang

3. Canyoning

Yaitu suatu wahana yang menguji adrenlin kita untuk rapling, yaitu menuruni Air Terjun Sri Gethuk dari puncaknya sampai kebawah dengan menggunakan Tali, tentu saja dengan peralatan yang baik dan instruktur yang berpengalaman, ini juga harus reservasi dari jauh-jauh hari, harga Rp.125.000 perorang

*Nb: Harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu jangan dijadikan patokan.

Ada hal yang unik jika kita berkunjung ke tempat ini, apabila Anda tidak ingin melakukan body rafting dan hanya ingin berfoto saja di area air tejun anda cukup menaiki perahu dengan membayar Rp. 10.000, nah uniknya disini perahunya merupakan perahu rakitan yang dibuat oleh warga yang mengelola tempat wisata ini, perahu tersebut terbuat dari drum bekas yang sudah tidak terpakai dan untuk penggerak perahu menggunakan mesin pemotong rumput sedangkan sebuah tongkat besi digunakan sebagai setir untuk mengarahkan perahu kekiri ataupun kekanan, luar biasa kreatif.

Seperti tempat wisata pada umumnya yang sudah diketahui oleh banyak orang dan pada akhirnya dikunjungi banyak orang Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan makanan ataupun minuman diarea tempat wisata tersebut, sama halnya dengan di Sri Gethuk sudah banyak sekali warung-warung penjual makanan dan minuman, dan selalu yang menjadi kekawatiran saya adalah sampah, untunglah sampai disana apalagi diair terjunnya saya tidak menemukan sampah yang berserakan, berarti pengunjung sudah mulai sadar akan lingkungan, hanya saja kalau mau menyaksikan keindahan air terjun ini datanglah pada saat musim kemarau dan tidak pada saat liburan karena Anda akan sangat puas menikmati keindahan air terjun ini dengan warna air yang hijau kebiru-biruan dan puas menikmatinya sendirian atau bersama pasangan Anda, sehingga Anda tidak perlu berebutan dengan pengunjung lainnya untuk mengabadikan foto terbaik Anda disana.

Rute yang dapat ditempuh untuk menuju Air Terjun Sri Gethuk :

Masuk ring road timur janti yogyakarta (fly over Janti) anda lurus terus sampai menemukan papan petunjuk kearah wonosari setelah menemukan papan petunjuk arah wonosari maka anda belok kiri (kalau tidak salah perempatan kedua setelah fly over Janti) ikuti saja terus jalur (jalan Yogyakarta-Wonosari) >> setelah anda sampai dipertigaan gading belok kanan menuju kecamatan playen (jalan Tumpak Playen) >> lurus saja sampai menemukan papan petunjuk menuju Air Terjun Sri Gethuk lalu belok kanan >> Kurang lebih 3 Km Anda sudah sampai di pintu gerbang pembayaran tiket Air Terjun Sri Gethuk.



Semoga bisa menjadi refrensi bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk, slalu diingat ya jagalah kebersihan, Tuhan memberkati.




Related Posts:

0 Response to "Air terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Yogyakarta"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda