Tempat Wisata Pantai di Kab.Garut selatan yang wajib dikunjungi

Kabupaten Garut Selatan telah menjadi salah satu icon pariwisata di Indonesia, banyak tempat wisata pantai yang bisa Anda jumpai disana, dengan pemandangan alam yang eksotis ditambah aneka ragam kegiatan yang bisa dilakukan pada saat wisata membuat banyak wisatawan asing maupun lokal betah berkunjung ke Kabupaten Garut Selatan, bahkan setiap liburan tiba Pantai di Kab.Garut Selatan selalu penuh sesak dengan wisatawan. berikut ini tempat-tempat wisata pantai yang ada di Kabupaten Garut Selatan  yang wajib Anda kunjungi:

1. Pantai Santolo

Pantai Santolo adalah sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. dan merupakan salah satu pantai yang populer terdapat di Kabupaten Garut. Terletak di kec. Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut atau biasa disebut Garut Selatan, Garsel atau Garsela, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km dari Garut Kota. Pantai ini cukup dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata .

Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah. Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk. Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. Selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau

 

 


Pantai Sayang heulang adalah pantai yang memiliki cirikhas yang unik yang akan membuat mata anda berdecak kagum yang terletak di kabupaten Garut selatan. Pantai ini berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kab. Garut Selatan. Berjarak kira-kira 88 km dari kota Garut.   

Pantai ini memiliki cirikhas yang unik dimana kita bisa berjalan sampai ketengah laut, jadi teman-teman dari pasir pantai menuju air lautnya terpisahkan oleh ganggang hijau dan rumput laut serta batuan karang, sebenarnya ganggang hijau, rumput laut, dan batu karang ini akan digenangi air laut pada saat malam hari atau pada saat air pasang, sehingga pada waktu siang hari air laut akan surut sampai sejauh 1km (ini perkiraan saya saja), sehingga kami semua bisa bermain main disana serasa berjalan ditengah laut, kita bisa melihat berbagai jenis rumput laut dan juga hewan yang tertinggal disana.

 


Pantai Cicalobak merupakan salah satu dari deretan pantai yang indah yang letaknya berada di Kecamatan Mekarmukti, Kab. Garut Selatan. Pantai ini berada dipinggir Jalur Trans Jabar Selatan. Jalur diantara Pameungpeuk dan Rancabuaya.
Cirikhas dari Pantai Cicalobak yaitu terdapatnya karang di sisi kanan dan kirinya, sedangkan dibagian tengah adalah pantai pasir yang tidak terlalu luas karena merupakan sebuah muara sungai kecil. Pantai ini menghadap langsung ke Samudra Hindia, ombaknya besar tapi terhempas karang-karang. Di pantai pasir, bisa buat berenang tapi jangan ke tengah karena ombaknya semakin besar. Di bagian pantai karang pinggir-pinggirnya ditumbuhi oleh pepohonan. Di bagian sisi kiri pantai karang terdapat saung yang sampai saat ini saya kurang begitu tahu kegunaannya untuk apa?.

Pantai Cicalobak belum tersentuh pembangunan maupun pengembangan objek wisata. Untuk masuk ke pantai ini tidak perlu bayar, gratis. Petunjuk/Plang Pantai ini ada di Pintu masuk tepat di pinggir jalan trans Jabar Selatan ini.

 

 

 
Pantai Rancabuaya merupakan salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Garut selatan selain Pantai Sayang heulang dan juga Pantai Santolo, Jawa Barat, Indonesia.
Setelah kami puas menikmati keindahan Pantai Sayang heulang, kami lanjutkan perjalanan kami menuju Pantai Ranca buaya, jarak yang kami tempuh dari pantai sayang heulang sejauh 25 Km dan kami tempuh dalam waktu 1 jam, rute jalannya cukup mengikuti jalan utama yang terletak didekat pantai sayang heulang dan juga santolo, lurus saja tidak usah belok sampai kita menemukan papan petunjuk yang bertulisakan Pantai Ranca Buaya , tapi jangan kuatir jalanan sudah bagus teraspal dengan baik, dan selama perjalanan kita akan melihat pemandangan pantai disebelah kiri kita karena memang kita sedang menelusuri pinggiran pantai yang berada di Kab.Garut Selatan, dan juga pemandangan sabana atau hamparan rumput di sebelah kanan kita.

Pantai Ranca Buaya memiliki batuan karang yang besar langsung berbatasan dengan Samudra Hindia sehingga memiliki ombak yang cukup besar. Yang menarik dari pantai ini adalah banyaknya batuan karang yang cukup besar, juga terdapat tebing batuan yang cukup tinggi dan yang istimewa dari pantai ini adalah adanya air terjun atau sering disebut Curug yang langsung menghadap kepantai. Hal lain yang menarik yaitu banyaknya ikan-ikan kecil yang terperangkap dikarang-karang yang terbawa oleh ombak.
Pantai Rancabuaya merupakan tipe pantai berbatu karang sehingga kurang cocok untuk berenang. Tipikal pantainya yang lain yaitu hampir sama dengan Pantai Sayangheulang, yaitu air laut tidak langsung menyentuh bibir pantai, hanya saja di Pantai Ranca Buaya bukan ganggang hijau atau rumput laut yang memisahkannya tapi batu karang yang besar-besar dan juga tajam, tapi luar biasa pemandangannya indah, banyak juga orang yang mancing disini

 

 

Sekian info tempat wisata pantai yang  berada di Kabupaten Garut selatan semoga bisa membantu teman-teman yang ingin berkunjung kesana, selamat jalan-jalan dan ingat jaga selalu kebersihan Tuhan memberkati

Related Posts:

0 Response to "Tempat Wisata Pantai di Kab.Garut selatan yang wajib dikunjungi"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda