Tempat wisata di Sukabumi yang wajib dikunjungi

Kabupaten Sukabumi telah menjadi salah satu icon pariwisata di Indonesia, banyak tempat wisata yang bisa Anda jumpai disana, dengan pemandangan alam yang eksotis ditambah aneka ragam kegiatan yang bisa dilakukan pada saat wisata membuat banyak wisatawan asing maupun lokal betah berkunjung ke Kabupaten Sukabumi, bahkan setiap liburan tiba selalu penuh sesak dengan wisatawan. berikut ini tempat-tempat wisata  yang ada di Kabupaten Sukabumi  yang wajib Anda kunjungi:
1. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng berlokasi di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi dengan jarak tempuh sekitar 220 KM dari Jakarta atau 230 Km dari Kota Bandung. Waktu yang tempuhnya sekitar 6-7 jam perjalanan bermobil.

 tipikal pantai yang sama dengan pantai sayang heulang garut dimana air laut tidak langsung menyentuh bibir pantai tapi dibatasi dengan rumput laut, gangang hijau dan batuan karang yang tertinggal setelah air laut surut dipagi hari. Air laut yang bersih ombak yang tenang sehingga sangat aman jika kita ingin berenang apalagi untuk anak-anak. banyak spot untuk berfoto dan selfie, yang jelas anda tidak akan bosan dipantai ini selain harga penginapan masih terjangkau dan juga makananannya pantai ini menawarkan tempat-tempat wisata lain yang menarik untuk dikunjungi.




  

Setelah puas menikmati keindahan dari pantai ujung genteng, tak jauh dari pantai tersebut kurang lebih 2 - 3 Km kita bisa berkunjung ketempat penangkaran penyu, masih berdekatan dengan pantai ujung genteng, kita bisa ambil rute menuju penagkarang penyu dengan mengambil jalan dalam menelusuri pinggiran pantai melewati tempat-tempat penginapan, setelah kita melihat tulisan "TURTLE BEACH HOTEL" kita belok kiri dan ikuti jalan itu terus sampai menemukan masjid besar kita kembali belok kiri, memasuki perkampungan warga dan juga persawahan apabila kita menemukan perempatan maka kita ambil jalan yang kekanan lurus terus jangan belok mentok kita akan sampai ketempat penangkaran penyu.

Ditempat ini kita bisa melihat bagaimana penyu dikembang biakan agar terhindar dari kepunahan, kita bisa melihat tempat pengeraman telur penyu dan juga bayi-bayi penyu yang baru menetas, pada saat kami kesana kebetulan pas sekali bayi-bayi penyu baru menetas sehingga kami bisa mengabadikannya sambil memegangnya.








Pantai muara tempatnya terpencil tanpa papan petunjuk kalau dari pantai ujung genteng kurang lebih 2-3 km arah kembali pulang ke bandung, lihat kanan jalan, jika melihat ada gapura dan pos keamanan yang sudah tidak terurus maka kita tinggal masuk kedalamnya.

Pantai ini punya keunikan yang khas selain karena merupakan pertemuan antara air sungai dan air laut sehingga terdapat perubahan warna airnya juga pantai ini berdekatan dengan vila pribadi yang tidak terurus.
 
Untuk dapat mengabadikan foto atau berselfie ria dipantai ini kita harus turun kebawah menuju batu karang dimana biasanya digunakan orang sekitar untuk memancing ikan, dari batu karang ini kita bisa mendapatkan spot foto yang bagus, dan harus diingat hati-hati saat turun kebawah karena tangganya licin
.




4. Curug Cikaso

Curug Cikaso sendiri terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kec. Surade, Kab. Sukabumi Propinsi  Jawa Barat. Berjarak tempuh sekitar 8 kilometer dari Surade, 15 kilometer dari Jampang Kulon, 30 kilometer dari Ujunggenteng, dan sekitar 110 kilometer dari Kota Sukabumi. Atau +/- 70 km dari Palabuhanratu. Umumnya rute perjalanan menuju Curug Cikaso diawali dari kota kecil Surade yang memakan waktu tempuh sekitar setengah jam (berjarak tempuh sekitar 8 km) dengan kendaraan roda dua atau empat hingga tiba di pertigaan Jalan Cikaso dengan kondisi jalan yang berliku dan beraspal baik.

Curug Cikaso sebenarnya bernama Curug Luhur, mengalir dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug. Tapi oleh kebanyakan orang, curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso.  Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan.  Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur.  Masing-masing air terjun mempunyai nama masing. Yang kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki.  Ketiga curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m. dan hati hati disini kita tidak diijinkan untuk berenang karena kedalaman air mencapai 40m.

Berkunjung ke Curug Cikaso sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena bias sinar matahari yang baru terbit akan tercipta dengan jelas dari butir-butir halus cipratan air terjun. pas sekali bagi yang hobi fotografi dan selfie.






5. Curug Luhur Cigangsa

Curug LuhurCigangsa Berjarak sekitar 110 Km kearah selatan kota Sukabumi atau 1 km dari kecamatan Surade. Jika dari Curug Cikaso hanya sekitar 10 km dengan memakan waktu sekitar kurang lebih 30 menit berjalan kaki. Untuk mencapai lokasi ini cukup sulit karena harus melewati jalan setapak yang jalanannya cukup menantang dan menyebrangi sungai yang airnya cukup deras.

Curug Luhur Cigangsa merupakan obyek wisata yang mempunyai nilai sejarah dan berada di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi Propinsi Jawa Barat. Sungai Cigangsa merupakan aliran sungai hanyutnya Nyi Putri Suradewi yang merupakan putri dari Rd. Jagabaya yang menjadi Bupati Galuh Imbanagara dari tahun 1732 – 1751 Masehi. Nyi Putri Suradewi adalah adik dari Rd. Suranangga atau di daerah Surade lebih dikenal dengan nama Eyang Wirasantri Dalem Cigangsa. Beliau adalah tokoh pendiri Surade.

Jika pada musim kemarau air yang terdapat di curug Luhur Cigangsa tidak terlalu deras sehingga Anda bisa berada ditengah-tengan curug dan dapat melakukan pengambilan gambar yang ciamik, akan tetapi jika musim hujan tiba maka aliran air luar biasa deras dan disitulah saat yang tepat untuk menikmati keindahan curug Luhur Cigangsa, akan tetapi Sangat disarankan untuk berhati hati saat mendekati curug disaat musim penghujan.




Sekian info mengenai tempat wisata yang terdapat di kab. Sukabumi, semoga bisa menjadi refrensi untuk Anda yang ingin berkunjung kesana, selamat jalan-jalan dan selalu ingat jagalah kebersihan dimanapun Anda berada, Tuhan memberkati

 

Related Posts:

5 Responses to "Tempat wisata di Sukabumi yang wajib dikunjungi"

  1. Saya juga punya impian untuk bisa keliling Indonesia, sama seperti yang Mba dan Mas lakuin sekarang... Berdua keliling Indonesia...
    Semoga Terwujud :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok mas semoga mimpinya terwujud, Tuhan memberkati, terimakasih sudah berkunjung. nanti mudah-mudahan bisa backpackeran bareng keliling indonesia

      Hapus
  2. Coba saya diajak kalo main lagi ya mas ardath....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap BOS nanti kita jalan jalan bareng sama temen temen backpacker yang lain

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda