Tempat wisata di Pangandaran yang wajib dikunjungi

Kabupaten Pangandaran telah menjadi salah satu icon pariwisata di Indonesia, banyak tempat wisata yang bisa Anda jumpai disana dan kebanyakan merupakan wisata air, dengan pemandangan alam yang eksotis ditambah aneka ragam kegiatan yang bisa dilakukan pada saat wisata membuat banyak wisatawan asing maupun lokal betah berkunjung ke Pangandaran, bahkan setiap liburan tiba Pangandaran selalu penuh sesak dengan wisatawan. berikut ini tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran yang wajib Anda kunjungi:

 
1. Pantai Pangandaran

Objek wisata yang merupakan primadona pantai di Jawa Barat ini terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis, memiliki berbagai keistimewaan seperti:
Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama, Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman, Hamparan pasir putih yang mempesona.

Selain ombak yang besar dan juga pantainya yang bersih ada hal menarik lagi yang bisa kita nikmati di pangandaran, kita dapat menaiki perahu untuk memutari pantai Pangandaran yang tidak dapat kita tempuh dengan berjalan kaki, seperti menuju batu kodok, melihat air terjun mini dan menuju pantai pasir putih. khususnya untuk pantai pasir putih kita bisa melakukan snorkeling dengan menyewa peralatan menyelam yang biasa dijajakan dipinggiran pantai.

Dan jangan lupa untuk mengunjung cagar alam, dimana kita bisa melihat rusa dan monyet berkeliaran dengan bebas, letaknya dibelakang pantai pasir putih dimana kita masih bisa melihat goa jepang sisa perang dunia ke 2 dan suasana hutan alamnya yang luar biasa menambah menarik kunjungan wisata kita ke pantai Pangandaran

 

 


Jika anda ingin menikmati Grand Canyon yang ada di Amerika sana, sekarang Anda tidak perlu jauh jauh menuju Amerika. Indonesia ternyata juga memiliki Green Canyon sendiri yang luar biasa cantiknya. Green Canyon sendiri mempunyai nama asli yaitu Cukang Taneuh. Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang warga Perancis pada tahun 1993. Sedangkan Cukang Taneuh punya arti yaitu jembatan tanah. Hal itu dikarenakan di atas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani di sekitar sana untuk menuju kebun mereka.

Green Canyon atau Cukang Taneuh  ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak sekitar 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km. Di dekat objek wisata ini terdapat objek wisata Batukaras serta Lapangan Terbang Nusawiru.

Objek wisata mengagumkan ini sebenarnya merupakan aliran dari sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif dan stalakmitnya. Selain itu daerah ini juga diapit oleh dua bukit, juga dengan banyaknya bebatuan dan rerimbunan pepohonan. dan kita bisa menimatinya dengan cara body rafting dimana kita berenang dengan menggunakan peralatan safety dan dipandu oleh pemandu menelusuri aliran sungai cijulang tersebut.

 

 


Obyek wisata alam Citumang merupakan obyek wisata yang menyajikan keindahan sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati dengan airnya yang bening kebiruan disaat musim kemarau. Tepian sungai yang terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alam dan aliran sungai yang menembus ke dalam goa. Obyek wisata ini terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Ciamis, berjarak kurang lebih 15 km dari Pangandaran ke arah barat menuju lokasi. Atau sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran - Cijulang. Jarak seluruhnya dari kota Ciamis sekitar 95 km.

Pemandangan yang disajikan sangatlah luar biasa. Air yang jernih masih memiliki gradasi warna hijau berpadu dengan alam hutan pinggir sungai yang memiliki pohon besar berdaun lebat berwarna hijau kuning. Beberapa daun kering jatuh ke sungai membuat sungai menjadi lebih alami. Ikan-ikan kecil berenang bersama kami mengelilingi kaki kami.

 

 

 

4. Pantai Batu Hiu

Batu Hiu merupakan salah satu tempat pariwisata yang berada di ibu kota Kabupaten Pangandaran. Batu hiu berjarak sekitar 14 km dari pantai Pangandaran, dan Pantai batu hiu ini bisa menjadi objek wisata pilihan ketika anda datang ke Pangandaran. Pantai Batu hiu Terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi, kurang lebih 14 km dari Pantai Pangandaran ke arah Selatan. Memiliki panorama alam yang sangat indah. Dari atas bukit kecil yang ditumbuhi pohon-pohon Pandan Wong dan juga banyak terdapat saung yang bisa digunakan untuk tempat beristirahat kita menyaksikan birunya Samudra Indonesia dengan deburan ombaknya yang menggulung putih dari sana.

Pantai ini dinamakan Batu Hiu karena jika kita berdiri diatas bukit kita akan melihat adanya batu yang terletak di tengah laut dan batu tersebut menyerupai sirip ikan hiu. Dari atas bukit itulah kita bisa melihat batu yang menyerupai sirip ikan hiu dan juga merasakan sejuknya angin laut dan juga menikmati indahnya Samudra Indonesia.

Di bukit kecil yang ditanami pandan itulah tempat yang paling pas untuk menikmati pantai Batu Hiu.Uniknya, untuk naik ke atas bukit, kita melewati “gerbang” bikit berupa terowongan kecil yang berbentuk mulut ikan hiu. Jadi, seolah-olah kita masuk ke dalam mulut ikan hiu. Kita juga bisa bermain air laut di sebelah bukit. Namun hati-hati dengan ubur-ubur yang banyak berserakan di pasir pantai.


 


Pantai Batu karas merupakan salah satu pantai yang menjadi tujuan wisata di Kab.Pangandaran, terletak di Desa Batu Karas, Kec. Cijulang dengan jarak ± 34 km dari Pantai Pangandaran atau dekat dengan obyek wisata Green Canyon atau Cukang Taneuh, Pantainya yang landai dengan air laut tenang sehingga sangat aman untuk mengajak putra dan putri anda berenang. Anda bisa nikmati suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi menikmati hidangan di rumah makan yang tersedia, atau anda bisa makan dipinggir pantai dengan menggelar tikar tentu saja makanan anda bawa sendiri dari rumah.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan selain berenang antara lain: berperahu di bengawan, berkemah dan berselancar. Jika liburan Anda bersama keluarga, akomodasi telah tersedia untuk Anda, ada pondok wisata yang dilengkapi dengan arena bermain dan rumah ibadah. Pondok wisata ini dikelola langsung oleh Diparda Kab.Pangandaran. Fasilitas lainnya yang tersedia antara lain: Hotel, Camping Ground, Kios Cinderamata, sewaan papan selancar, ban renang, dan juga banana boat.

 

 

Sekian info mengenai tempat wisata yang terdapat di pangandaran, semoga dapat membantu teman-teman yang ingin berkunjung kesana, ingat selalu jaga kebersihan Tuhan memberkati

Related Posts:

0 Response to "Tempat wisata di Pangandaran yang wajib dikunjungi"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda