Kolam Ikan Dewa Cigugur - Kuningan

Kolam ikan dewa terletak di Kec. Cigugur, Kab. Kuningan, Jawa Barat, indonesia, lokasinya tidak terlalu jauh dari Gua maria Sawer Rahmat kurang lebih 15 menit, dan merupakan salah satu objek wisata yang berada di Kab. Kuningan. dari namanya saja kita sudah bisa memahami pasti ada mitos yang terdapat didalamnya ya memang benar sekali banyak mitos yang berkembang dimasyarakat bagaimana kolam ikan dewa ini tercipta dan bagaimana ikan-ikan ini bisa hidup didalamnya.


Mitos pertama yang saya dengan dari nara sumber asli orang sana yaitu Bpk. Dedi yang tak lain adalah teman dan tetangga saya di komplek perumahan, mitos ini cukup berkembang luas dimasyarakat dimana konon pada zaman dahulu hiduplah seseorang yang sangat bersih dan juga suci bernama Ki Gede Padara, saking suci dan bersihnya Ki Gede Padara sampai-sampai tubuhnya bisa tidak terlihat atau tembus pandang, dan berita ini sampailah ketelinga Syarif Hidayatullah atau yang dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati, dan beliau hendak mengajarkan agama islam kepada Ki Gede Padara dan hendak mengislamkan beliau, ketika mereka berdua bertemu, pada akhirnya Ki Gede Padara setuju untuk memeluk agama islam dan oleh Sunan Gunung Jati beliau diperintahkan untuk mengucapkan 2 kalimat syahadat, pada saat mengucapkan kalimat syahadat yang pertama beliau yaitu Ki Gede Padara lenyap atau mukso atau kata lainnya kembali kepencipta sehingga makin kagumlah Sunan Gunung Jati dan akhirnya beliau memutuskan untuk sholat ditempat tersebut, karena beliau tidak dapat menemukan air untuk wudhu maka tiba-tiba munculah air dari tempat dimana Ki Gede Padara menghilang, maka setelah itu dari mata air yang mucul di tempat di mana Ki Gede Padara Menghilang terbentuklah kolam ikan dewa ini.

Mitos yang kedua mengenai ikan yang berada disana, konon waktu zaman dahulu Sunan Kali Jaga pernah berkunjung ke kolam ikan dewa ini dan memakan salah satu dari ikan yang terdapat disana, setelah beliau selesai memakan ikan tersebut, beliau membuang ikan yang tinggal kepala dan juga durinya kembali kedalam kolam ikan dewa ini dan alangkah ajaibnya ikan tersebut kembali hidup walaupun dalam bentuk tulang, dan juga mitos yang masih berkembang sampai saat ini ada satu atau beberapa orang yang benar-benar bersih hatinya dapat melihat ikan tersebut berenang di kolam ikan dewa ini.

Mitos yang ketiga mengenai ikan dewa menurut kepercayaan orang disana bahwa ikan dewa yang hidup didalam kolam ikan dewa cigugur ini hidup di tiga tempat yang berbeda yaitu di Waduk Darma, lalu balong Cigugur ( kolam ikan dewa itu sendiri), dan juga di Cibulan. Konon ketika salah satu dari ketiga tempat itu dibersihkan atau dikuras airnya, maka disalah satu tempat ikan tersebut dikuras semua ikan tersebut akan hilang dan semu semua ikan tersebut akan pindah menuju kedua tempat lainnya. Semisal jika di Waduk Darma airnya sedang dibersihkan dan dikuras maka ikan-ikan tersebut akan pindah menuju Balong Cigugur atau Cibulan. 


Ikan Dewa merupakan merupakan salah satu spesies unik dan penting yang hidup di balong Cigugur, ikan ini di Jawa Barat memiliki nama lokal ikan kancra bodas yang memiliki nama latin Labebobarbus douronensis, yang merupakan ikan air tawar endemik yang hanya hidup di wilayah Kabupaten Kuningan. Secara umum ikan dewa ini memiliki gambaran morfologi yang mirip dengan ikan mas. Karakter unik yang dimiliki oleh genus Labebobardus adalah keberadaan dan ukuran cuping pada bibir bawah. Menurut Kottelat et al (1993) menegaskan bahwa ikan marga Labebobarbus pada umumnya merupakan jenis ikan yang terancam punah karena kerusakan hutan dan penangkapan yang berlebihan. Adanya penebangan hutan yang tak terkendali menyebabkan penurunan debit mata air dengan begitu juga terjadilah penurunan debit mata air yang terdapat pada tempat dimana biasanya ikan dewa ini tinggal. oleh karena itu banyak mitos yang beredar didalamnya dengan tujuan untuk melestarikan keberadaan habitat ikan dewa itu sendiri, dan semua mitos yang berkembang merupakan suatu kearifan lokal untuk memelihara kelestarian alam dan juga menjaga agar ikan dewa ini tidak punah.

Rute untuk mencapai Kolam ikan dewa :

Dari Jakarta:

Jakarta - Cirebon - Kuningan, sebelum masuk kota Kuningan, di terminal Cirendang belok kanan menuju Cigugur - lalu menuju Kolam ikan Dewa (sebelah kiri jalan utama)

Dari Bandung:

Bandung - Tasikmalaya - Kuningan - Cirebon. Sebelum masuk kota Kuningan (sesudah Waduk Darma) atau di Cigadung belok ke kiri melewati Cigugur - lalu menuju Kolam ikan Dewa (sebelah kiri jalan utama)

Biaya yang diperlukan untuk masuk kedalam kolam ikan dewa ini adalah Rp. 11.000/orang, didalam kita dapat menikmatai pemandangan kolam beserta ikannya dan juga kita bisa menggelar tikar didalam sambil menikmati bekal yang kita bawa dari rumah, jika Anda tidak membawa bekal jangan kuatir disana juga terdapat warung jajanan yang buka, jika anda lelah anda juga bisa relaksasi dengan merendam kaki anda didalam kolam dan rasakan sensasi dimana ikan akan memakan kulit mati anda. dan disana kita juga bisa berenang bersama dengan ikan, itupun kalau Anda berani.







 
Seperti pada umumnya ketika suatu tempat wisata telah banyak dikunjungi wisatawan, apalagi wisatawan dalam negri tidak dapat dipungkiri masih banyak yang belum sadar akan artinya kebersihan, sepertinya susah sekali untuk membuang sampah pada tempatnya. dan juga pengelolaan tempat wisata ini harusnya bisa lebih baik agar kedepan semakin banyak orang yang mau datang berkunjung untuk mengetahu sejarah dan legenda dari ikan dewa itu sendiri, mudah mudahan kedepan pemerintah mau memperbaiki semua fasilitas yang ada seperti memperbanyak tempat sampah, membuat toilet yang layak, dan tempat yang terpisah antara wisatawan dan juga ikan supaya kelangsungan hidup ikan dewa bisa terus terawat, takut saja kalau nantinya ikan dewa mengkonsusmsi makanan yang kurang cocok dari pengunjung, dan juga kalu bisa pemerintah memberikan tulisan-tulisan mengenai detail sejarah tempat tersebut dan tulisan mengenai ikan dewa dan juga pelestariannya agar generasi muda yang datang paham dan mau untuk mengelola tempat tersebut dengan baik. 

Jangan lupa jika Anda berkunjung ke kolam ikan dewa cigugur sempatkan diri Anda untuk membeli oleh oleh khas daerah sana seperti peyeum (tape ketan) yang ditaruh didalam ember, kedempling, minuman yng terbuat dari jeruk nipis, dan juga yogurt Si Bungsu, setiap saya ke cigugur saya pasti akan mampir ke toko Ibu Murnah yang merupakan pelopor tape ketan disana, terletak di Dusun Puhun, Desa Cigugur, RT16/RW VI, No. 812








Semoga bisa membantu teman-teman yang ingin berkunjung ke kolam ikan dewa cigugur, dan jangan lupa jagalah kebersihan selalu, buanglah sampah pada tempatnya, Tuhan memberkati


Related Posts:

0 Response to "Kolam Ikan Dewa Cigugur - Kuningan"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda