Citumang Body Rafting, Pangandaran

Obyek wisata alam Citumang merupakan obyek wisata yang menyajikan keindahan sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati dengan airnya yang bening kebiruan disaat musim kemarau. Tepian sungai yang terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alam dan aliran sungai yang menembus ke dalam goa. Obyek wisata ini terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Ciamis, berjarak kurang lebih 15 km dari Pangandaran ke arah barat menuju lokasi. Atau sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran - Cijulang. Jarak seluruhnya dari kota Ciamis sekitar 95 km.






Jarak dari Batu Hiu ke Citumang tidak terlalu jauh sekitar 6,4 km, kami tempuh dengan waktu 15 menit. Melalui jalan raya Cijulang dengan kualitas aspal yang cukup baik dan juga luas sungguh memudahkan para wisatawan yang ingin berlibur di daerah pangandaran. kami menemukan papan petunjuk bertulisakan Citumang disebelah toko indomaret dan kami masuk kesana melalui jalan bergang yang agak sempit sejauh kurang lebih 2 km. Kami parkir dipinggir saluran irigasi dan langsung disambut pemandu-pemandu yang menawarkan fasilitas Citumang. Akhirnya kami dipandu oleh 2 orang pemandu. Untuk memasuki kawasan Citumang dan mendapatkan fasilitas body rafting, kami membayar Rp 75.000,- per orang, disana kami sudah disiapkan semua peralatan safety untuk baody rafting dan juga pemandu kami bersedia untuk mengabadikan momen-monen indah selama kami melakukan body rafting di Citumang dengan membawa semua perlengkapan kamera dan juga Hp (tentu saja yg sudah dipasang soft case anti air)

Sebelumnya kami mempersiapkan diri menggunakan pelampung kemudian kami berjalan sejauh 500 meter menuju titik awal telusur sungai Citumang. Kami berfoto dulu di depan pintu masuk menuju sungai Citumang.


Untuk awalan kami dituntun memasuki gua yang pendek tetapi dalam disana kita bisa masuk sampai ketitik akhir goa dan bisa mengabadikannya dengan berfoto ria dengan background stalagmit dan stalaktit. Tidak lama kami berenang dalam gua kemudian kami kembali ke posisi awal. Lalu lanjut telusur sungai dengan berbagai rintangan yang ada disana, dengan posisi tidur terlentang dan kaki saling berkaitan dengan badan kelompok kita, kita akan dituntun untuk menelusuri keindahan sungai Citumang, suatu ketika kita akan berhenti karena ada sebagian tempat yang diharuskan kita untuk terjun kebawah dengan ketinggian yang berbeda-beda, kita bisa melompat dengan ketinggian dari 4 m sampai 7 m, dan tidak kalah serunya kita bisa melakukan lompatan dengan berayun pada seutas tali yang sudah disiapkan oleh pengelola.

Pemandangan yang disajikan sangatlah luar biasa. Air yang jernih masih memiliki gradasi warna hijau berpadu dengan alam hutan pinggir sungai yang memiliki pohon besar berdaun lebat berwarna hijau kuning. Beberapa daun kering jatuh ke sungai membuat sungai menjadi lebih alami. Ikan-ikan kecil berenang bersama kami mengelilingi kaki kami.








Rute menuju Citumang

Untuk kendaraan umum:

Anda dapat naik BUS dari terminal dikota anda dengan tujuan langsung pantai Pangandaran, atau bisa juga menuju Tasik terlebih dahulu setelah itu lanjut dengan BUS menuju pantai Pangandaran, setelah sampai di pantai Pangandaran anda lanjut menuju Citumang dapat dicapai dengan kendaraan umum jurusan Cijulang, dilanjutkan dengan kendaraan ojeg kurang lebih membayar Rp 20.000, disambung dengan jalan kaki menelusuri tepi sungai dan kebun pendudukan sepanjang 500 meter.

Untuk kendaraan Pribadi:

jika menggunakan kendaraan pribadi anda dapat memulainya dari pantai pangandarang kurang lebih 18 Km menuju Jl. Baru Bulak Laut >> Lanjut menuju Jl.Merdeka/Jl. Raya Cijulang >> Lalu anda akan menemukan plang bertuliskan Citumang maka belok kanan dan masuk kedalam kurang lebih 4 Km ( ketika anda masuk kedalam anda akan menjumpai 2 kali pos penjagaan untuk membayar retribusi sebesar Rp 5.000), dan anda akan dituntun oleh tim dari pengelola citumang yang akan menuntun anda menuju parkiran 1 atau parkiran 2.




Semoga dapat menjadi refrensi teman-teman sekalian yang akan berkunjung ke Citumang, selamat liburan dan ingat tetap dijaga kebersihannya, buanglah sampah pada tempatnya, jika tidak menemukan tempat sampah, simpan terlebih dahulu sampahnya sampai menemukan tempat sampah. Tuhan memberkati





Related Posts:

0 Response to "Citumang Body Rafting, Pangandaran"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda