Suasana kota Balikpapan

Kali ini saya mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Kalimantan Timur tepatnya dikota Balikpapan, perjalanan saya mulai dari Jakarta, kenapa saya memilih keberangkatan dari Jakarta? karena dari Jakarta kita akan mendapatkan banyak sekali pilihan maskapai penerbangan, karena saya ingin paket ekonomis maka saya menggunakan Lion Air dengan harga Rp 1.156.000 (karena pada saat itu saya mencari tiket dengan harga Rp 800.000 tidak ada, itu sudah yg termurah), dengan 2 jam penerbangan saya beserta teman-teman sampai di Balikpapan.




Kesan pertama yang muncul setelah saya sampai dikota Balikpapan adalah, kotanya bersih karena saya jarang sekali melihat sampah di jalanan, lalu tertib karena saya harus menyebarang jalan melalui zebracross atau jembatan penyebrangan (karena menyebrang di zebracross anda dilindungi oleh undang-undang), biaya hidup disini ya tidak telalu besar seperti diindonesia timur, karena untuk biaya makan dan penginapan masih bisa dijangkau untuk kantong tipis seperti saya.

 

Setelah sampai dibandara Sepinggan, kita bisa menggunakan jasa taxi atau angkot untuk menuju kota,  untuk taxi kita biasanya akan dikenakan tarif Zona 1 yaitu sebesar Rp. 75.000, untuk naik angkot kita bisa menggunakan jalur 7 lalu berhenti di terminal Damai kemudian lanjut lagi menggunakan angkot jalur 5 dan berhenti ditengah kota (kebetulan penginapan yang kami tempati dilewati angkot jalur 5) ongkos yang harus dikeluarkan Rp 10.000.




Untuk penginapan tidak usah kawatir semua masih terjangkau, penginapan yang kami tempati terletak di jalan Jendral Sudirman harganya murah dari Rp 299.000 sampai Rp 430.000 dan cukup untuk 2 orang sampai 4 orang dalam satu kamar, nama penginapannya Buana Lestari.


Untuk makanan tidak usah kawatir karena dibelakan penginapan kami adalah pasar dan banyak kios-kios penjual makanan disana, banyak pilihan makanan dan harganya murah, (modelnya seperti warteg tapi dipusatkan disana) terakhir saya makan nasi pecel jawa timur dengan lauk ayam goreng tepung ditambah tahu isi dan teh manis panas saya hanya mengeluarkan uang Rp 15.000 ( masih terjangkau kan)

 
Lokasi pasar dibelakang penginapan


Jika ingin merasakan kuliner dimalam hari saya sarankan untuk menuju taman Bekapai, karena disini kita bisa menikmati makanan ataupun minuman sambil duduk santai menikmati suasana taman dan suasana malam kota Balikpapan, banyak pilihan makanan yang akan kita nikmati disana karena memang para penjual makan berjejer di pinggir jalan belakang taman, taman Bekapai masih terletak di Jalan Jendral Sudirman, jadi kami tidak perlu lagi menaiki angkot cukup dengan berjalan kaki santai kurang lebih 15 menit dari penginapan kami sudah sampai disana, oh iya taman Bekapai juga terletak di depan kantor PLN area Balikpapan.






Dan jika ingin menikmati kuliner seafood yang enak saya sarankan untuk menuju ke rumah makan DANDITO yang terletak di Jalan Marsma Iswahyudi, rumah makan ini sangat terkenal di Balikpapan dan kepiting adalah menu favorite disana, jangan kawatir bagi teman teman yang tidak bisa makan kepiting disana banyak pilihan makanan seperti ikan dan juga sayur-sayuran, rumah makan ini selalu ramai dijam-jam makan siang dan juga makan malam, untuk harga ya tau sendiri lah rumah makan terkenal gitu lo...he..he..he..



Jika teman teman ingin membeli oleh-oleh khas Balikpapan saya sarankan untuk mengunjungi barisan toko penjual amplang (kuku macan) yang terletak didekat jalan RE. Martadinarta kita bisa menggunakan angkot jalur 5 dan kita tinggal bilang toko amplang kepada pak supir nanti kita akan diantarkan kesana, cukup membayar Rp 5000 sekali jalan.






Untuk tempat wisata dikota Balikpapan yang bisa saya temukan adalah pantai akan tetapi ya begitulah jika sudah tersentuh pembangunan maka sampah tidak bisa terelakan, sungguh disayangkan sebenarnya dengan kota yang bersih dan tertib akan tetapi pantai dipenuhi dengan sampah, semoga kedepan pemerintah kota Balikpapan bisa segera memperbaikinya.






Oke berikut ini saya berikan foto mengenai peta tempat wisata dan juga tempat tempat penting dikota Balikpapan.




Oke semoga tulisan ini dapat membantu teman-taman yang ingin berkunjung kekota Balikpapan, ya tak lupa saya selalu mengingatkan teman-teman jangan lupa jaga kebersihan ya, buang sampah pada tempatnya  

Related Posts:

0 Response to "Suasana kota Balikpapan"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda