Keindahan alam bumi cendarawasih, Danau Sentani dan Kri Island Raja Ampat

Tak menyangka hadiah ulang tahun ke 29 tahun ini sungguh luar biasa, Tuhan memberikan kesempatan saya untuk menjejakan kaki untuk pertama kalinya di bumi cendrawasih Papua,  mengunjungi danau Sentani dan juga tempat yang selalu saya idam idamkan untuk dikunjungi Raja ampat.
 “Tanah Papua tanah yang kaya
surga kecil jatuh ke bumi
Seluas tanah sebanyak madu
adalah harta harapan”

Lirik diatas merupakan penggalan kecil dari lagu yang berjudul “Aku Papua” , dan jika anda pernah ke Papua maka kata kata yang terdapat pada lirik lagu tersebut benarlah adanya, sungguh luar biasa pemandangan yang akan anda jumpai disana.


Perjalan kami mulai dari Jakarta menuju Sentani dengan menggunakan Pesawat Batik Air dengan biaya Rp. 2.600.000 itu sudah pesawat dengan kelas ekonomi, Setelah sampai di sana kami menyewa mobil dengan biaya sewa per hari adalah Rp. 650.000 kami putuskan menyewa mobil agar lebih fleksibel waktunya toh, tidak terlalu mahal jika dibagi 6 orang, sampai didanau sentani kami meyewa kapal untuk keliling danau dengan harga perorang sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 50.000 semua harga berubah tergantung siapa yang diangkut karena tidak hanya wisatawan saja yang menggunakan perahu ini akan tetapi banyak dari warga yang hidup di pulau yang berada ditengah danau sentani juga menggunakan jasa perahu ini, ya memang ada juga sebagian warga yang memiliki perahu pribadi, festifal danau sentani diadakan tiap tanggal 19 Juni tiap tahunnya, jadi kalau kita ingin ke danau sentani maka jadikan tanggal tersebut sebagai acuannya. Masalah penginapan tidak usah kawatir banyak penginapan dengan harga terjangkau dari Rp. 600.000 sampai Rp. 1.200.000 perhari kalau ditanggung ramai-rami tidak terlalu terasa, memang untuk trip ke papua disarankan untuk berkelompok ,jangan sendirian agar pengeluaran tidak membengkak, masalah makan juga tidak terlalu membingungkan kalau berkelompok.

 
  

Danau sentani pemandangannya masih alami dan luar biasa bagus sangat tenang dan bersih, pantulan awan diair danau sungguh menenangkan hati, kalian akan melihat gugusan pulau yang terdapat disana dengan warna hijau yang dihiasi dengan sinar matahari, luar biasa. Danau sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua.
Di danau ini juga terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini. Arti kata Sentani berarti "di sini kami tinggal dengan damai”. Nama Sentani sendiri pertama kali disebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika melaksanakan misionaris di wilayah danau ini pada tahun 1898.





Setelah selesai mengunjungi Danau Sentani kami berangkat menuju Sorong dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia karena tidak ada maskapai penerbangan lain selain Garuda Indonesia yang menuju Sorong dari Sentani, dengan harga Rp. 1.800.000 yang merupakan kelas ekonomi kami sampai di kota Sorong, lalu kami lanjut menuju pelabuhan sorong untuk meneruskan perjalanan menuju pelabuhan Waisai yang merupakan ibu kota Raja ampat, dari bandara Sorong menuju pelabuhan Sorong kita bisa jalan kaki sekitar 300 m menuju terminal angkot kota sorong dan naik angkot jurusan pelabuhan, semua angkot berwarna kuning jadi bertanyalah terlebih dahulu jalur mana yang menuju pelabuhan, cukup membayar Rp. 5000 kalian akan sampai dipelabuhan Sorong. Untuk kapal dari pelabuhan Sorong menuju pelabuhan Waisai ada dua kali keberangkatan tiap harinya yaitu pada jam 09:00 WIT dan 14:00 WIT dengan harga tiket VIP Rp. 220.000 dan ekonomi Rp. 130.000 kita bisa berlayar menuju pelabuhan Waisai dengan waktu tempuh kurang lebih 2 Jam.
 
Pelabuhan Kota Sorong

Tiket Kapal Sorong Waisai

Suasana didalam kapal
 
Kapal yang digunakan untuk menuju pelabuhan Waisai

Pelabuhan Waisai ibu kota Raja Ampat


Dari pelabuhan Waisai kami sudah dijemput oleh tim dari Papua Diving yang terdapat di Kri Island dengan menggunakan speed boat kami diantar menuju Kri Island dengan waktu tempuh 45 menit dengan perjalanan yang luar biasa extrim karena harus melawan ombak, karena pada saat kami kesana pas bulan bulannya ombak besar, memang bulan yang baik untuk berkunjung ke Raja ampat adalah bulan 10 sampai bulan 4 karena tidak ada ombak jadi laut lebih tenang.


Kapal yang menjeput kami dari papua diving 

 

Jika pada umumnya icon dari Raja ampat adalah Wayag dimana kita bisa melihat gugusan pulau pulau ditengah laut dengan perbedaan warna air lautnya yaitu hijau dan biru, Kri Island merupakan tempat terbaik diraja ampat untuk diving dan snorkeling, dan merupakan resort pertama dan terbaik yang terdapat diraja ampat, mau mencoba sensai diving ditemani hiu dan juga ikan pari, atau snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan cuman disini tempatnya, kalian akan merasa seperti di surga kecil yang turun ke bumi, perpaduan warna air laut dari putih, hijau dan biru lalu beningnya air laut sehingga kita dapat melihat ikan yang berenang dibawahnya, dan pasir putih yang mempesona membuat kita betah dan tidak ingin kembali kerumah (ha..ha..ha..lebay)



"Hunian yang baik dengan menjaga konservasi terhadap lingkungan sehingga jangan kaget jika kita harus bermalam bersama burung kasuari, biawak, ular laut dan berbagai jenis burung yang ada disana, pengalaman yang sangat Luar Biasa…!!!!"


Gerbang utama Sorido Bay, Papua Diving Resort


 

Kamar yang terdapat di Sorido bay Papua Diving Resort

Tempat makan bersama dengan para penghuni pulau

Jangan kaget jika saat makan kita bisa menemukan hewan diatas kita

Konservasi terhadap lingkungan yang masih terus dijaga


 
Air laut yang luar biasa jernih



Spot Snorkeling terbaik di Raja ampat



Kri Eco Resort, Papua Diving

Jika ingin mengetahui mengenai Papua Diving Resort langsung saja menghubungi Mbak Siska (Papua Diving Sorong) dengan nomer telpon 08114804606, atau kantor Papua Diving di sorong dengan nomer telpon 08114807610, silahkan bertanya mengenai kelengkapan dan biaya trip menuju Kri Island.

Atau bisa melihat link berikut ini  http://www.papua-diving.com/

Sungguh pengalam yang luar biasa karena bisa berkunjung ke tanah Papua, ya jujur dari dalam hati saya yang paling dalam tanah Papua merupakan surga kecil yang jatuh kebumi. jadi tetap dijaga ya bro n sis, kalau kita berkunjung kesana tetap jaga kebersihan buang sampah pada tempatnya, jika tidak ada tempat sampah simpan sampai kita mendapatkannya, sisakan waktu kalian untuk bisa berkunjung ke tanah Papua dijamin tidak akan menyesal. Tuhan memberkati






Related Posts:

2 Responses to "Keindahan alam bumi cendarawasih, Danau Sentani dan Kri Island Raja Ampat"

  1. Wih.... Ternyata ni blog nya pa ardath.. Bobby traveling juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini Bapak Yusuf abdu yang sering nulis di Kompasiana bukan ya he..he...kalau iya tulisan bapak jauh lebih keren dari tulisan saya he..he..salam kenal pak. Ya kita juga sama-sama hobi jalan-jalan kan pak he..he..terimakasih sudah berkunjung ke chanel kami

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda