Perjalanan singkat di timor Indonesia, Bali-Kupang-Rote



Indonesia Bagian Timor memang luar biasa dan tidak akan terlupakan, masih banyak pemandangan alam yang menarik khususnya pantai yang jarang sekali dijamah oleh manusia khususnya pulau Rote, sehingga perjalan kali ini sangatlah berkesan, selain karena keindahan pantainya ini juga merupakan pertama kalinya saya menggunakan transportasi udara dan pertama kalinya juga saya menjejakan kaki di timor Indonesia.




Perjalan pertama kami menuju pulau Rote kami awali dari Bandung, kami berangkat menggunakan pesawat Garuda Indonesia kelas ekonomi dari bandara Husein, lalu kami berangkat pada pukul 06:35WIB sampai di Bali pukul 09:15WIT.

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali



 Brosur wisata dikota bali
lalu kami lanjutkan naik pesawat kedua menuju kota Kupang berangkat pukul 11:00WIT dan sampai kota Kupang pukul 12:50WIT, untuk dapat ke pulau rote dari kota kupang kita bisa  menggunakan dua alternative mode transportasi yaitu udara dan laut, untuk menggunakan transportasi udara satu-satunya pesawat yang terbang ke pulau rote adalah Wings (lion air) dan hanya terbang 1 minggu 3 kali yaitu hari selasa, kamis, dan sabtu dan berangkat pada pukul 15:05WIT dan sampai kota kupang pukul 15:30WIT, sedangkan untuk transportasi laut ada kapal cepat yang berangkat tiap hari dari kota kupang pada pukul 09:00WIT dan sampai pulau Rote pada pukul 10:30WIT. 

Bandar Udara kota Kupang

Bandar udara Pulau Rote


Pesawat baling baling rute Kupang - Rote  

Sampai di pulau Rote kami menginap di Hotel Tiberias, degan harga Rp. 400.000 kita sudah bisa mendapatkan kamar seperti 1 rumah kontrakan cukup untuk 3 sampai 6 orang ya akan tetapi tetap harus nambah ekstra bad, hotel tersebut terletak persis didepan pantai Namodale dan Batu termanu yang merupakan salah satu objek wisata disana.



Hotel Tiberias dekat dengan objek wisata batu Termanu
 
Pantai Namodale dan batu Termanu sungguh luar biasa dimana pemandangan alamnya sangat bagus pantainya masih bersih dan juga ombaknya tenang, saya sendirian dipantai ini keren…..!!!, pantai bersih tidak ada sampah dan juga coretan dari tangan yang tidak bertanggung jawab, dan anda tidak akan menyesal kepantai ini. menurut kepercayaan masyarakat setempat batu Termanu pada jaman dahulu sering berpindah pindah tempat untuk mencari tempat yang bisa memberikan dia persembahan atau seperti sesajen dalam kebudayaan jawa, tapi saya kurang begitu tau disebut apa didaerah Rote, dan pada akhirnya batu tersebut menetap di rote karena ditempat inilah dia bisa mendapatkan persembahan secara rutin, nama Termanu sendiri berasal dari nama kerajaan terbesar yang terdapat dipulau Rote yaitu kerajaan Termanu.
 





Sebenarnya ada hal yang unik di Pulau Rote ini, di pulau Rote terdapat 17 kerajaan dan semuanya mempunyai bahasa yang berbeda beda sehingga antar kerajaan mereka jika berkumpul maka bahasa yang digunakan adalah bahasa ibu yaitu Bahasa Indonesia, saat diperjalanan kami menuju pantai nemberala yang merupakan pantai dengan kualitas ombak terbaik hampir sama dengan hawai, yang selalu menjadi pusat perhatian para peselancar didunia, kami sudah melewati 3 kerajaan dan memang benar bahasa mereka berbeda sehingga pemandu kami menggunkan bahasa Indonesia untuk percakapan disana.


Sangat senang sekali kami disana karena kami berkesempatan bertemu dengan bapak bupati yang pada akhirnya beliau memberikan kami kenang kenangan berupa topi dan kain tenun khas Rote.

Bersama Bapak Bupati Rote

Setelah Puas kami menjelajahi Pulau Rote kami melanjutkan perjalanan menuju kota Kupang dengan menggunakan Kapal cepat dengan Harga Rp.190.000 kita dapat menuju kota kupang dengan waktu tempuh 1 jam 15 menit, sangat cepat kapalnya dan juga sangat nyaman dan aman. Pelabuhan pulau Rote sangat ramai tiap harinya dipenuhi pada wisatawan dan juga pada penduduk lokal yang akan berpergian menuju kota Kupang, pada pelabuhan kita bisa melihat adanya mercusuar yang baru selesai dibangun 2 tahun yang lalu tahun 2013, akan tetapi belum bisa dibuka untuk umum sehingga kita hanya bisa foto dari luar bangunannya saja.
   
Suasana Pelabuhan Kota Rote

Mercusuar Baru yang ada di pelabuhan Rote 



Suasana didalam kapal cepat

Kapal Cepat berangkat membawa kami menuju kota Kupang dan setelah sampai di kota Kupang kami melakukan perjalan menuju Pantai Pasir Panjang yang terletak di jalan pantai timor kota Kupang, sayang sekali setelah sampai sana saya menemukan banyak sekali sampah plastik dan bekas makanan, padahal pemandangannya indah sekali disana, apalagi pada saat matahari terbenam dan juga terbit, sangat….sangat….disayangkan kenapa masih ada sekelompok orang yang tidak peduli pada keindahannya, lalu kami menuju daerah Tuafanu sangat unik didaerah kupang ini, jalan raya dikota ini sangat bagus akan tetapi kita tidak akan menemukan taxi seperti bluebird atau exspres yang akan kita temukan taxi resmi dengan mobil inova dan juga taxi-taxi yang dikelola pribadi yang merupakan mobil pribadi, sepanjang jalan kita akan melihat perkebunan dan juga persawahan dimana suasana ditempat ini sangat gersang karena rumput pun berwarna kecoklatan dan juga tanahnya mengandung batuan kapur, akan tetapi angin terus menerus bertiup sehingga udara tidak terlalu panas, tapi tidak akan mengurangi keindahan kota Kupang ( Indonesia Bagus).




 Pantai Pasir Panjang Kupang
Ada satu tempat di kota Kupang dimana kita bisa menikmati makan malam dengan hidangan khas ikan laut yaitu di pasar malam kota kupang, sangat ramai dan banyak sekali wisatawan, soal harga ya tau sendiri lah kalau ditempat wisata bagaimana he..he..he..

 Pasar Malam Kota Kupang

Di kota Kupang kita tidak akan sulit menemukan gereja, karena sepanjang jalan kita akan selalu menemukan gereja, dan juga kita akan sering menemukan patung salib di depan rumah warga, tapi yang perlu diperhatikan saat kita mengunjungi Kupang dan juga Rote hai hatilah saat dijalan raya karena hewan ternak disana dibiarkan bebas oleh yang empunya, jadi jangan kaget disepanjang perjalanan anda, anda akan menemukan sapi, kambing, ayam, babi yang nyebrang, jangan sampai tertabrak ya nanti disuruh ganti ya taulah pasti mahal kan karena ada hukum adatnya. Itulah makannya saya selalu diberitau untuk tidak melakukan perjalanan pada malam hari, karena pada malam hari intensitas ternak yang lalu lalang dijalan semakin banyak, apalagi karena pada malam hari aspal jalanan masih hangat maka kita akan menemukan banyak hewan yang tidur diatas aspal.

Biaya perjalan menuju Pulau Rote:
Bandung – Bali menggunakan garuda Indonesia kelas ekonomi Rp.1.204.300
Bali – Kupang menggunakan garuda Indoneia kelas ekonomi Rp.1.240.000
Kupang – Rote menggunakan Wings (Lion Air) Rp.265.000, menggunakan Kapal cepat Rp.160.000 (ekonomi) Rp.190.000 (VIP)
Hotel di Rote antara Rp.250.000 sampai Rp.400.000
Sewa motor perhari sudah didampingi Guide yang akan mengantar ketempat wisata Rp.200.000
Sewa mobil perhari sudah didampingi Guide yang akan mengantar ketempat wisata Rp 400.000-600.000

Untuk sewa motor atau mobil plus pemandu bisa menghubungi Bpk. Paul (082144557800)

Tempat Wisata di Pulau rote:
Pantai Numberala, Pantai Baudale, Pantai Namodale, Batu Termanu, Pulau Ndae, Laut Mati.

Ingin sekali kembali kesana untuk lebih mengeksplore semua wisata yang ada di rote, Pasti saya akan kembali kesana bersama istri tercinta dan teman seperjuangan.




Pantai Namodale dan Batu Termanu



  Pasar Malam Kota Kupang



Pantai pasir Panjang kota Kupang

Related Posts:

4 Responses to "Perjalanan singkat di timor Indonesia, Bali-Kupang-Rote"

  1. kapal dari rote-kupang jam berapa aja ya? wah menarik nih rote

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami, untuk kapal laut sewaktu kami kesana itu jadwal kapal ada tiap hari dan dimulai pada pukul 09:00WITA dari rote sampai kupang pukul 10:30WITA, kalau dari Kupang pukul 07:30WITA sampai rote pukul 09:00WITA. Mudah mudahan belum berubah, akan tetapi kalau ombak lagi tinggi sama sekali tidak ada kapal yang berlayar

      Hapus
  2. Keren sekali, sangat bermaanfat bagi kita yang belum tau bagaimana menuju pulau Rote :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung, senang bisa membantu, mudah-mudahan bisa segera berkunjung ke Rote ya mbak, luar biasa kece pemandangannya lho..he...he...

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda