Rute dan Transportasi menuju Pantai Santolo Kab.Garut Selatan

Untuk menuju Pantau Santolo Anda bisa mengambil arah dari bandung, Anda bisa memulainya melalui  tol purbaleunyi bisa masuk dari pintu tol pasteur atau buah batu, keluar pintu tol cileunyi Anda dapat bergerak menuju kearah nagreg dengan jalan yang berkelok kelok pada akhirnya Anda akan sampai pada pertigaan, jika lurus akan membawa Anda menuju cimis pangandaran dan terus menuju jawa tengah, sedangkan belok kekanan akan membawa Anda menuju kota garut,  maka Anda harus menganbil rute kearah kanan.


Dari kota Garut terus ambil jalan menuju pamempeuk, total jam perjalanan yang akan Anda tempuh dari bandung sampai Kab.Garut Selatan adalah +/-8 jam (112Km) ada kemungkinan Anda akan mengalami macet pada saat memasuki kota Garut jadi bersiap untuk konsentrasi penuh, karena macet di Garut akan lumayan berat, jalanan yang menanjak dan juga lalulintas yang padat terdapat Bus, Elef, dan juga motor akan menambah kesulitan Anda, dari Kota Garut sampai pantai pertama yang akan Anda kunjungi yaitu Pantai Santolo memakan waktu kurang lebih 3 jam dengan melewati pegunungan dengan pemandangan yang indah dan udara yang sangat sejuk akan tetapi dengan bahaya yang mengancam yaitu terdapatnya jurang disebelah Anda, jadi berhati-hatilah saat memasuki wilayah ini dan usahakan isi bensin yang penuh (tidak ada SPBU disekitar wilayah itu), setelah melewati pegunungan ini Anda akan melewati perumahan penduduk yang masih terdapat area persawahan yang luas, yang pada akhirnya akan menuntun Anda menuju Pantai Santolo dari jalan utama Anda  harus masuk 1Km untuk sampai kepantainya. Dan Anda akan menemui pos retribusi dengan membayar Rp.3.000 perorang kita bisa bebas menikmati keindahan Pantai Santolo.




Untuk para backpacker sejati rute perjalanan bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum dengan menaiki mobil Elf jurusan Garut-Pameungpeuk seharga Rp. 35.000,- dan turun di Pasar Pameungpeuk. Lalu dilanjutkan dengan naik Pick Up menuju Pantai Shayangheula, yang tarifnya sekitar Rp. 15.000. Dari pantai, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu dengan tarif sekitar Rp. 10.000 untuk sampai ke Pantai Santolo atau pulau santolo.
Atau ada rute alternative yang bisa teman-teman pakai
Rute Normal lewat Garut Kota – Cikajang – Cikelet dan Pameungpeuk, bisa ditempuh dengan menggunakan Kendaran umum dari terminal Cicahem (pakai Bis) atau terminal Leuwipanjang Bandung dengan Kendaraan ELF (minibus), membayar Rp. 35.000,- dan 4 – 5 jam perjalanan teman-teman sudah sampai di Pameungpeuk (Pantai Santolo), sedangkan untuk menggunakan kendaraan Pribadi (Mobil) akan menghabiskan BBM (Bensin) sekitar Rp. 100.000,- sampai Rp 200.000,- saja, sedangkan pakai Motor (BBM Pertamax hanya habis Rp. 35.000,- sampai 65.000,- saja).
Menggunakan Rute Ciwidey – Cisewu – Bungbulang – Pameungpeuk jarak tempuh lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum, tapi pemadangan disekitar lebih bagus, diperkirakan jarak tempuh kalau lewat rute ini sekitar 200 – 250 Km dan 7 Jam perjalanan. Km dan 7 Jam perjalanan.

Menggunakan Rute Ciwidey – Cisewu – Bungbulang – Pameungpeuk jarak tempuh lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum, tapi pemadangan disekitar lebih bagus, diperkirakan jarak tempuh kalau lewat rute ini sekitar 200 – 250 Km dan 7 Jam perjalanan.

Nb: Harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu, jangan dijadikan patokan



Semoga bisa membantu teman-teman yang ingin berkunjung ke Pantai Santolo Kab. Garut Selatan, selamat bersenang-senang tetap jaga kebersihannya dengan membuang sampah pada tempatnya, Tuhan memberkati.



Related Posts:

8 Responses to "Rute dan Transportasi menuju Pantai Santolo Kab.Garut Selatan"

  1. Ka, kalo pake elf dari bandung langsung ke santolo lewat pantai sayang heulang ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung keblog kami,jika dari Bandung pantai Santolo memang terletak setelah pantai Sayang heulang, tapi kalau tidak salah jika naik elf dari bandung itu harus berhenti di terminal dan lanjut lagi dengan angkutan umum lain, dan kalau sudah malam sdh tidak ada angkutan umum lagi, jadi hati-hati jangan terlalu malam, akan lebih bebas menggunakan motor karena bisa menyusuri pantai dari Sayang heulang sampai Ranca buaya, urutannya pantai Sayangheulan-Santolo-Cicalobak-Rancabuaya. Semangat jalan-jalan.

      Hapus
  2. Halo Mas Ardath .... Barusan saya nemu Blogmu je ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya om bowo terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  3. kalo pakai bus gede bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bus besar bisa masuk dan terdapat tempat parkir, waktu kami kesana juga banyak rombongan yang membawa bus, terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  4. Maksudnya bus gede yg 60 seat bisa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bus bisa masuk hanya saja ya harus bersabar kalau pas musim liburan karena jalan masuknya yang kurang begitu lebar, akan tetapi kalau tidak musim liburan sih aman terkendali. karena waktu itu kami juga melihat ada rombongan bus yang bisa masuk tapi memang parkirannya agak sedikit jauh dari pintu masuk tapi ya tidak terlalu jauh lah masih bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Terimakasih sudah berkunjung

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda