Pemandian Air Panas Cibolang - Pangalengan, Bagus Akan tetapi...?

Pemandian air panas Cibolang ini terletak di Desa Wayang Windu, Kecamatan Pengalengan, Bandung, Jawa Barat. Pemandian air panasnya sendiri sebenarnya sudah ada sejak sekitar tahun 1985. Melihat adanya banyak pengunjung, maka lokasi ini dikembangkan menjadi tempat wisata yang lebih baik pada tahun 1987 dengan cara menambahkan kolam, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Sejak tahun 1990, fasilitas di objek wisata inipun semakin lengkap untuk menambah kenyamanan para pengunjung.

Pemandian air panas Cibolang terletak di ketinggian sekitar 1.450 meter di atas permukaan laut ini memiliki suhu udara 23-25° C, pemandian air panas Cibolang ini dikelilingi oleh keindahan alam yang benar-benar memanjakan mata sehingga kita bisa berendam sambil melihat pemandangan hutan dengan pohon pohon yang berdiri tegak dan mendengar kicauan burung dan serangga.

Rute menuju Pemandian air panas Cibolang

Dengan menggunakan kendaraan pribadi
Kita bisa melewati jalur Kopo-Soreang >> setelah bertemu bunderan soreang belok kiri (melewati rumah makan kampung sawah) >> setelah menemukan pertigaan jika kekanan kita menuju ke polres dan kekiri kita menuju majalaya maka kita belok kekiri >> lurus terus sampai kita menemukan pertigaan kedua jika kita lurus maka kita akan menuju majalaya dan jika kita belok kanan maka kita akan menuju ke arah banjaran >> kita belok kekanan lalu lurus terus sampai masuk kekota pangalengan >> ketika menemukan bundaran besar dikota pangalengan maka kita bisa melihat plang petunjuk jalan untuk ke Cibolang kita belok kiri jangan sampai salah disini ya nanti kita bisa nyasar sampai pamempeuk garut >> dari budaran besar itu kurang lebih 30 menit lagi kita sampai di Cibolang >> jika sudah ketemu gapura perkebunan teh malabar maka kita belok kiri lurus terus saja sampai menemukan papan petunjuk arah bertulisakan Pemandian air panas Cibolang setelah itu kita belok kiri, kurang lebih 1 km masuk dengan jalanan yang masih berbatu-batu setelah itu kita akan menemukan gapura bertulisakan Cibolang.

 Gerbang pintu masuk Cibolang

Pemandian ini terdiri dari beberapa kolam yang semua air panasnya bersumber dari mata air di Gunung Windu. Setiap kolam memiliki suhu air yang berbeda,  kedalaman kolam juga berbeda-beda, ada yang khusus dewasa, ada pula kolam pemandian untuk anak-anak, untuk kolam pertama yang dekat pintu masuk itu jika kita berendam air seukuran leher pria dewasa dan suhu bisa mencapai 40 derajat, sedangkan kolam kedua kolam yang cukup luas dengan ketinggian air mencapai 80 cm ya kira-kira seukuran perut pria dewasa suhu sekitaran 35 derajat, dan untuk kolam berendam yang ketiga merupakan kolam yeng terkena biaya retribusi untuk masuk kedalmnya yaitu Rp.10.000 sekali masuk selama 20 menit dan kolam ini cocok untuk berendam anak-anak.

Kolam pertama dekat pintu masuk

Kolam kedua kolam yang terluas

Kolam ketiga yang terkena biaya retribusi

Objek wisata air panas ini bisa dinikmati dengan biaya yang relatif murah. Cukup dengan membayar tiket seharga Rp11.000/orang, kita bisa mandi dan berendam di pemandian air panas sambil menikmati panorama alam yang tentunya tak bisa didapatkan di kota-kota besar.
 
 Daftar harga tiket masuk cibolang

Akan tetapi masih banyak kritikan yang harus saya lontarkan mengenai suasana di tempat ini, seperti tempat wisata pada umumnya semakin ramai tempat itu dikunjungi maka semakin banyak sampah yang tercecer disana ya memang pengelola salah juga karena tidak menyediakan bak-bak sampah yang memadahi di setiap sudut kolam, akan tetapi seharusnya sudah menjadi kesadaran kita bersama untuk membuang sampah pada tempatnya jika tidak ada tempat sampah tolong diusahakan disimpan di wadah pribadi atau plastik lalu dalam perjalanan pulang apabila menemukan tempat sampah segera dibuang disana. dengan pemandangan alam yang indah seharusnya tempat ini dikelola dengan baik karena potensi wisata disini cukup besar, kita bisa berendam dan merasakan panasnya air dengan mata memandang hijaunya pepohonan dengan hidung menghirup segarnya udara pegunungan dan telinga mendengar kicauan burung dan serangga tapi pengelolaan di tempat ini kurang begitu baik, dimana air keruh, kolam renangnya sudah tidak layak karena banyak keramiknya yang copot, lalu prosotan untuk anak-anak sudah tidak bisa dipakai lagi karena sudah berkarat dan gampang patah. kamar mandi yang kurang baik dan juga masih harus membayar Rp.3000 untuk sekali mandi seharusnya itu merupakan fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola dan sewajarnya tiket sekali masuk sudah bisa berendam dan mengunakan toilet.

ya seharusnya pemerintah ikut campur disana untuk perbaikan tempat wisata ini supaya pengunjung semakin banyak dan bisa menjadi penghasilan tetap bagi para penduduk yang bermukim disana, sangat disayangkan sekali dengan potensi yang besar tapi dikelola dengn kurang baik, semoga kedepan pemandian air panas Cibolang semakin baik sehingga jumlah pengunjung juga semakiin banyak.




Related Posts:

31 Responses to "Pemandian Air Panas Cibolang - Pangalengan, Bagus Akan tetapi...?"

  1. belum pernah ke cibolang :( padahal deket. salam jalan jalan mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @januar Arifin, terimakasih mas sudah membaca artikel saya, oh begitu ternyata rumahnya dekat dengan cibolang? ya mampir dong mas he..he..he..ya begitulah mudah mudahan kedepan cibolang semakin baik dan bersih, supaya makin banyak pengunjungnya, sayang sekali mas kalau tidak ditata dengan baik karena potensi wisatanya luar biasa.

      Hapus
  2. Air panas nya pas banget.. enak ke badan, cuma tempatnya jorok ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Fatahillah terimakasih sudah mau berkunjung dan membaca blog ini, ya memang betul airnya panas dan enak untuk berendam, akan tetapi tempatnya tidak terurus dengan baik sayang sekali padahal bisa menjadi obyek wisata yang bagus kalau dikelola dengan baik, mudah mudahan kedepan semakin baik pengelolaannya

      Hapus
  3. jalan masuknya sudah bagus mas? apakah masih berbatu-batu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung, Saat kami kesana jalanan masuk masih berbatu batu mas belum diaspal dengan baik.

      Hapus
  4. Blognya sangat keren gan, begitu juga dengan channel youtube-nya.

    Sangan terinspirasi banget, soalnya ini sudah mengenalkan kita dengan Alam Kita sendiri.

    Cinta Indonesia.

    Salam Sukses gan. Minta Ijin Subscribe Channel-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung, silahkan di subscribe channel youtube saya, jadi terharu kalau blog ini bisa menginspirasi Anda, terimakasih sudah mau berkunjung dan membacanya, ditunggu cerita selanjutnya di tahun ini akan banyak tempat yang akan kami jelajahi, dan akan kami share semua pengalaman kami. terimakasih Tuhan memberkati

      Hapus
  5. Kalo wc/ tempat ganti bajunya jorok gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalau menurut saya pribadi masih kurang layak WC/Tempat ganti bajunya, harus di benahi semuanya supaya lebih baik kedepannya.terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  6. Kalau mengenai tempat penginapan bagaimana Mas ?apakah bisa dipake untuk kemping didekat pemandiannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tempat penginapan, mohon maaf sekali kami tidak dapat memberikan listnya karena kami tinggal di bandung jadi kami dapat bolak-balik dihari yang sama, jadi kami tidak perlu menginap oleh karena itu tidak ada pengalaman menginap disana, untuk masalah kemping sebenarnya dibelakang terdapat hutan dan memang cocok untuk perkemahan, mungkin Anda bisa meminta ijin kepada pengelola setempat, terimakasih sudah berkunjung, mohon maaf jika jawabannya kurang memuaskan.

      Hapus
  7. Mas Admin boleh minta nomor telepon yang dapat dihubungi, kami merencanaakan untuk mengadakan tur ke sana.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung, untuk masalah nomer telpon akan jauh lebih baik jika melalui email, untuk email dan fanspage berduakelilingindonesia bisa dilihat di link contac, silahkan ajukan pertanyaan mengenai tempat wisata yang sudah kami kunjungi dan juga share pengalaman melalui fanspage FB kami mari kita berbagi pengalaman tentan Indonesia yang indah ini, terimakasih semoga tulisan kami dapat membantu dan menjadi refrensi untuk ibu, semangat jalan-jalan

      Hapus
    2. apakah bisa berkunjung ke cibolang pada malam hari? soal y jam kerja sy siang terus

      Hapus
  8. klo malam hari apakah masih bisa berkunjung ke cibolang ?soal y jam kerja sya siang terus ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @aden abdulah mohon maaf saya juga belum pernah berkunjung dimalam hari jadi saya tidak bisa memberikan jawaban yang pasti apakah pemandian air panas cibolang buka pada malam hari, tapi menurut hemat saya dengan kondisi jalan ditengah perkebunan dan juga belum adanya penerangan disana selama perjalanan, saya sarankan untuk tidak berkunjung pada malam hari, ya demi kenyamanan dan juga keselamatan mas, terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  9. mas mau nnya nih , klo masuk dan semua nya , brapa ya kira kira biaya nya yg skrng ? soal nya pngn touring k sna ? saya blm tau kan soal nya ? mnta jawaban nya , makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk biaya masuk Rp. 10.000 lalu untuk parkir motor Rp.2000 untuk biaya ganti baju dan juga mandi Rp.3000, ada satu kolam yang kalau mau masuk harus bayar Rp. 10.000 tapi memang kolamnya lebih terawat jika dibandingkan dengan yang lain, ya jadi masih di bawah 50rb per orang anggarannya mas, terimakasih sudah berkunjung, semangat jalan-jalan

      Hapus
  10. Ada nomer yang bisa di hubungin ga untuk dicibolang.karena saya ada rencana berkunjung kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk nomer telpon tempat wisata cibolang, mohon maaf sekali saya sama sekali tidak punya, dan memang saya tidak melihat adanya contac person yang biasanya sering terpampang ditempat pembayaran tiket atau brosur-brosur yang beredar di tempat wisata, pada saat saya berkunjung kesana saya sama sekali tidak menemukan itu, atu mungkin saya juga kurang awas, jadi mohon maaf sekali saya belum bisa membantu untuk masalah nomer telpon cibolang, begitu juga untuk nomer telpon pengurus disana, terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  11. Suasana nyaman segarrr.... Tpi sayang tempatnya kurang terawat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas Zaenal, mudah-mudahan segera diperbaiki fasilitasnya agar yang berwisata kesana semakin aman dan nyaman, terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  12. Sekarang sudah banyak perbaikan. malah sedang dibangun kolam VIP

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung, dan terimakasih untuk update beritanya, mudah-mudahan cibolang semakin baik kedepannya, dan menjadi tempat yang nyaman untuk para wisatawan.

      Hapus
  13. Wahh.. Sudah lama nggak ke Cibolang meskipun tinggal di Pangalengan.
    Baru tau ada seluncuran anak2.
    Dulu kalo berenang itu hari jum'at, soalnya hari kamis nya air kolam di ganti. Kalo datang hari libur, kolam biasa nya bau pesing.
    Sekarang kalo berenang sih ke tirta camelia. Letak nya kira2 100m sebelum cibolang. Kolam nya cuma ada 2, tapi sepi pengunjung. Cocok buat yang mau lepas penat.
    Tiket masuk nya 6k kalo nggak salah. Apalagi buat orang sunda, bilang aja dari Pangalengan. Tapi harus pake basa sunda pasti nya. Nanti mamang penjaga nya kasih diskon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih untuk info tempat wisatanya, saya selalu berharap cibolang mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah agar kondisinya lebih baik lagi dan pelayannya tambah baik, karena sangat disayangkan menurut saya tempatnya bagus untuk berendam tinggal dipoles sedikit lagi. Mudah-mudahan kedepan cibolang semakin baik, denger-denger juga sudah mulai ada perbaikan dan akan diadakan kolam VIP, mudah-mudahan segera terwujud.

      Hapus
  14. Disana gak ada tempat privatenya yah biar gak campur sama yg lain? Biar bisa sekeluarga di pemandian air panasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu tidak ada tempat privatenya, waktu kesana sih masih belum begitu baik pengelolaan tempatnya, tapi mudah-mudahan sekarang ada perubahan, seperti unek-unek yang sudah saya tulis di atas, padahal kalau dikelola dengan baik luar biasa keren lho berendam air panas dengan pemandangan alam yang kece. Terimakasih ya sudah berkunjung

      Hapus
  15. Hari minggu kemarin bawa keluarga untuk main ke cibolang. Cuman syang kondisi jalan akses masuk cibolang yg kurang lebih 1,5km jalannya rusak total. Parah banget. Ditambah lagi banyak pungutan liar sepanjang jalan masuk cibolang. Tempat yg kotor sampah berserakan. Kolam yg di split menggunakan pagar menambah ke semrawutan. Padahal dulu 15th kebelakng kondisinya masih tertata baik. Segala fasilitas didalamnya terkesan komersil dengan fasilitas seadanya toilet kotor sempit dan harus antri lagi. Perjalanan cimahi pangalengan ditempuh dengan 2 jam dengan harapan bisa bawa anak2 renang pupus sudah. Masuk lokasi kolam hanya lihat2 saja karena kolam kotor dan keruh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itulah mengapa saya juga membuat kritikan untuk tempat ini di dalam tulisan saya, semoga kedepannya fasilitas dan tata kelola cibolang semakin di perbaiki. terimakasih untuk informasinya mengeai cibolang berarti sudah 2 tahun berlalu terkahir kami kesana belum ada juga perubahan. Pemerintah daerah harus segera turun tangan sepertinya

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda