Pantai Pelabuhan ratu yang penuh misteri

Pantai Pelabuhan Ratu yang terletak 60 km sebelah selatan dari kota Sukabumi, adalah sebuah tempat wisata di pesisir selatan Jawa Barat, di Samudra Hindia. Ombaknya terkenal sangat kuat dan karena itu sangat berbahaya dan dianjurkan untuk anak-anak yang ingin berenang diperlukan pengawasan yang ekstra dari kedua orang tuanya.

Pantai Pelabuhan Ratu terkenal karena terdiri dari perpaduan antara pantai yang curam dan landai, batu-batu karang yang terjal, hempasan ombak, dan hutan cagar alam.


Berdua di Pelabuhan ratu

Pantai Pelabuhan Ratu mempunyai daya tarik sendiri, sehingga Presiden Soekarno (Presiden pertama Indonesia) mendirikan tempat peristirahatannya pada tahun 1960 di Tanjo Resmi. Selain itu, atas inisiatif Soekarno pula didirikanlah Samudera Beach Hotel, salah satu hotel mewah pertama yang dibangun di Indonesia pada kurun waktu yang sama dengan Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel, dan Toko Serba Ada "Sarinah", yang kesemuanya menggunakan dana rampasan perang dari Jepang.

Menurut kepercayaan rakyat setempat, Pantai Pelabuhan Ratu dihuni oleh Nyai Roro Kidul, yang diakui sebagai penguasa Pantai Selatan. Kepercayaan ini begitu kuatnya sehingga konon di Samudera Beach Hotel disediakan sebuah kamar khusus untuk tempat kediaman sang penguasa.



Untuk lebih jelas rute menuju Pantai Pelabuhan ratu seperti dibawah ini:

Dengan menggunakan Kendaraan Pribadi Pribadi:
Jakarta
Jakarta (Cawang) > Tol Jagorawi > Exit Ciawi > Ciawi > Cicurug > Parung Kuda > Cibadak > Cikembar > Warung Kiara > Pelabuhan Ratu 
Bandung
Bandung (Pasteur) > Tol Purbaleunyi (Cipularang) > Exit Padalarang  > Padalarang > Cipatat > Rajamandala > Ciranjang > Cianjur > Gekbrong > Sukaraja > Sukabumi > Cikembar > Warung Kiara > Pelabuhan Ratu
 

Menggunakan Kendaraan Umum:

Dari bandung

1.      Dari terminal Leuwi Panjang bandung Naik Bus Bandung-Sukabumi lalu turun di terminal Sukabumi. (Atau bisa nain travel Siliwangi Trans)

2.      Dari terminal Sukabumi naik bus jurusan Pelabuhan Ratu turun di Pelabuhan Ratu

3
Daftar Harga Bus Jurusan Bandung-Sukabumi (MGI)

Dari Bogor

1.      Dari terminal yang terletak di Jakarta naik bus jurusan Bogor turun di terminal Baranangsiang Bogor.

2.      Dari terminal Baranangsiang Bogor naik bus jurusan Pelabuhan Ratu turun di Pelabuhan Ratu



Dari Bekasi

1.      Dari terminal Bekasi naik bus jurusan Bogor turun di terminal Baranangsiang Bogor.

2.      Dari terminal Baranangsiang Bogor naik bus jurusan Pelabuhan Ratu turun di Pelabuhan Ratu
     Pantai Pelabuhan Ratu saat ini memang sudah kurang begitu memuaskan sebagai tempat wisata, dikarenakan bukan pantainya yang kurang menarik, akan tetapi budaya masyarakat kita yang masih belum bisa mengerti dan memahami tentang pelestarian lingkungan hidup, dimana masih saja orang merokok ditempat wisata dan membuang puntungnya di pasir pantai dan juga laut, atau meninggalkan sisa bekas makanan dan jajanan di sepanjang garis bibir pantai, bahkan sekarang penjual makanan sudah bisa berkeliaran bebas di bibir pantai, ini sudah menjadi masalah serius untuk pemerintah untuk segera mengeluarkan peraturan untuk dilarangnya penjual masuk kekawasan bibir pantai dan juga menindak tegas semua pelaku yang merusak lingkungan terutama yang dengan seenaknya membuang sampah sembarangan. 

      Ditambah dengan berdirinya PLTU di Pelabuhan Ratu menjadi semakin mengurangi keindahan pantai ini, kok bisa-bisanya PLTU berdiri ditempat seindah ini...??? ya bagaimana pun sekarang semua sudah terjadi tinggal bagaimana kita mencoba untuk menjadi orang yang mengerti bagaimana kita bisa melestarikan kekayaan alam kita ini yang kelak juga akan disaksikan oleh anak cucu kita, mau anak dan cucu kita tidak bisa melihat lagi keindahan Pantai Pelabuhan Ratu..?? 
      
      ya selebihnya menyenangkan berada dipantai ini deburan ombaknya selalu menenangkan hati dimana pikiran selalu terbayang orang-orang yang tidak bertanggug jawab.


Suasana Pantai Pelabuhan Ratu yang penuh sesak dengan pengunjung


Related Posts:

0 Response to "Pantai Pelabuhan ratu yang penuh misteri"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda