Pantai Pangandaran, Kab. Pangandaran

Objek wisata yang merupakan primadona pantai di Jawa Barat ini terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis, memiliki berbagai keistimewaan seperti:
Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama, Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman, Hamparan pasir putih yang mempesona.

Rute menuju pantai pangandaran


Dari Jakarta keluar gerbang tol paling ujung di Bandung yaitu gerbang tol Cileunyi >> Keluar gerbang tol  Cileunyi pilih ke kanan, sekitar 300 meter ada putaran untuk belok ke kanan >> Dari Cileunyi ini kita menuju ke arah timur >> Jarak dari Bandung ke Pangandaran yang akan ditempuh kurang lebih 200KM >> Kita tinggal mengikuti  jalan raya menuju kota Ciamis, Banjar untuk nantinya sampai dipangandaran.

Kita akan melalui turunan curam Nagreg, disini ada persimpangan(jalan bercabang) ke Tasikmalaya dan ke Garut, kita pilih yang kiri ( ke Tasikmalaya) >> Memasuki kota kecamatan  Malangbong kita belok kanan (pokoknya pilih jalan yang lebih besar ketika anda menemui persimpangan, pertigaan atau perempatan) >> Sampai di kota kecamatan Rajapolah Tasikmalaya, anda pilih  jalan layang / jembatan layang, karena kalau lewat bawah itu melalui dalam kota Tasikmalaya tentunya banyak hambatannya >>  Anda akan melewati Kota Ciamis kemudian sampai di Banjar. Di Banjar akan ada simpangan ke arah kanan menuju Pangandaran. (Perhatikan penunjuk jalan karena kalau kelewat anda akan sampai di Jawa tengah)

Jarak dari Banjar ke Pangandaran adalah sekitar 60 km, waktu tempuh 1,5 sampai 2 jam. Dari Banjar menuju Pangandaran ini jalannya tidak begitu besar tetapi cukup apabila 2 bis besar saling  berpapasan hanya harus pelan atau salah satu harus mengalah berhenti.

 Jalur Darat Mobil dan Kendaraan Umum : 


  • Jakarta ke Pangandaran (355 km), naik bus Kp. Rambutan-Pangandaran, anda bisa menggunakan bus langsung menuju terminal pangandaran yang hannya berjarak 300 meter menuju gerbang masuk pantai. setelah itu anda bisa berjalan kaki atau menggunakan becak
  • Bandung ke Pangandaran (236 km), naik bus Bandung-Tasikmalaya-Banjar-Pengandaran, anda bisa naik dari Terminal Caheum. Bus yang melayani angkutan pangandaran Bandung adalah bus BUDIMAN, ada banyak pilihan AC dan Non-AC. Anda juga bisa menggunakan jasa angkutan elf.
  • Yogyakarta ke Pangandaran (385 km), maik bus Yogyakarta-Cilacap-Kalipucang-Pangandaran
  • Atau bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi, gunakan jalur yang sama seperti di atas.
  • Anda juga dapat menggunakan jasa Tour & travel untuk berwisata ke Pangandaran dan sekitarnya.

Setelah kita sampai di Pantai Pangandaran maka kita akan mendapatkan pemandangan yang umum seperti tempat wisata lainnya yaitu ramai penuh sesak dengan manusia apalagi disaat musim liburan, memang sangat disarankan jika ingin berkunjung pastikan tidak disaat musim liburan, agar bisa lebih menikmati suasana pantainya

 Suasana Pantai Pangandaran di sore hari

Selain ombak yang besar dan juga pantainya yang bersih ada hal menarik lagi yang bisa kita nikmati di pangandaran, kita dapat menaiki perahu untuk memutari pantai Pangandaran yang tidak dapat kita tempuh dengan berjalan kaki, seperti menuju batu kodok, melihat air terjun mini dan menuju pantai pasir putih. khususnya untuk pantai pasir putih kita bisa melakukan snorkeling dengan menyewa peralatan menyelam yang biasa dijajakan dipinggiran pantai.

 Snorkeling di pantai pasir putih

 Dan jangan lupa untuk mengunjung cagar alam, dimana kita bisa melihat rusa dan monyet berkeliaran dengan bebas, letaknya dibelakang pantai pasir putih dimana kita masih bisa melihat goa jepang sisa perang dunia ke 2 dan suasana hutan alamnya yang luar biasa menambah menarik kunjungan wisata kita ke pantai Pangandaran.

Monyet yang berkeliaran di cagar alam pantai Pangandaran

Terakhir jangan lupa untuk berkunjung kesalah satu toko penjual ikan jambal roti terkenal dipangandaran, dimana ikan-ikanya dijual selalu segar dan tersimpan baik di dalam lemari pendingin sehingga kita tidak akan menjumpai belatung atau bau busuk disana, anda bisa menggunakan becak yang sudah didesain menyerupai mobil lengkap dengan stir dan 4 buah roda untuk menuju toko tersebut.

Toko penjual ikan jambal roti yg terkenal di Pantai Pangandaran

Semoga bisa menjadi refrensi untuk teman teman yang ingin berkunjung menuju Pantai Pangandaran, dan harus diingat ya teman teman jaga selalu keindahan pantainya dengan tidak membuang sampah sembarangan, "Keep Clean"

Related Posts:

0 Response to "Pantai Pangandaran, Kab. Pangandaran"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda