Green Canyon atau Cukang Taneuh Keajaiban Alam di kawasan Pangandaran

Jika anda ingin menikmati Grand Canyon yang ada di Amerika sana, sekarang Anda tidak perlu jauh jauh menuju Amerika. Indonesia ternyata juga memiliki Green Canyon sendiri yang luar biasa cantiknya. Green Canyon sendiri mempunyai nama asli yaitu Cukang Taneuh. Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang warga Perancis pada tahun 1993. Sedangkan Cukang Taneuh punya arti yaitu jembatan tanah. Hal itu dikarenakan di atas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani di sekitar sana untuk menuju kebun mereka.

Green Canyon atau Cukang Taneuh  ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak sekitar 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km. Di dekat objek wisata ini terdapat objek wisata Batukaras serta Lapangan Terbang Nusawiru.






Pintu gerbang masuk Green Canyon atau Cukang Taneuh


Dari Kota Bandung kita langsung menuju Kota Banjar >> dari Kota Banjar ada Plang Pangandaran >> dari lampu merah masuk Kota Banjar lampu merah yang ke dua pas posisi di SPBU Kota Banjar ambil arah yang ke kanan masuk kota banjar >> (nanti sudah banyak Plang yang anda lihat untuk tujuan ke Pangandaran) >> dari kota banjar ke Pangandaran -+2,5jam >> anda akan melewati Banjarsari >> Padaherang >> Kalipucang  >> dari jalan yang beliku-liku dan seperti memasuki kawasan hutan  +/-10 km lagi memasuki daerah Pangandaran >> ketemu Lampu merah pangandaran  >> jalan terus kedepan belok kanan ada plang Bandara Nusawiru atau Cijulang dan Parigi >> anda ikutin jalan itu terus nanti lewat Pasar Pananjung Panganadaran ada lapangan bola belok kiri sudah banyak plang di sana bertulisakan Green Canyon >> dari pangandaran ke Green Canyon jarak tempuh +/- 25km atau sekitar 1Jam >> sepanjang jalan dari pangandaran menuju ke Green Canyon akan melewati daerah Cibenda >>Parigi >>Cijulang (akan tetapi berhati –hati lah ada sekitar +/- 9km lagi di daerah cibenda sampai ciliang jalan sangatlah rusak,sesudah memasuki daerah cijulang +/- 3km lagi sampai ke Green Canyon,anda memasuki jalan yang di Cor/Beton itu sudah hampir dekat ke Green Canyon)




Objek wisata mengagumkan ini sebenarnya merupakan aliran dari sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif dan stalakmitnya. Selain itu daerah ini juga diapit oleh dua bukit, juga dengan banyaknya bebatuan dan rerimbunan pepohonan. dan kita bisa menimatinya dengan cara body rafting dimana kita berenang dengan menggunakan peralatan safety dan dipandu oleh pemandu menelusuri aliran sungai cijulang tersebut.


Body rafting menelusuri aliran sungai cijulang

Untuk mencapai lokasi ini wisatawan harus berangkat dari dermaga Ciseureuh. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu tempel atau kayuh yang banyak tersedia di sana. Jarak antara dermaga dengan lokasi Green Canyon sekitar 3km, yang bisa ditempuh dalam waktu 30-45 menit. Sepanjang perjalanan kita akan melewati sungai dengan air berwarna hijau tosca. Mungkin dari sinilah nama Green Canyon berasal.

dan tak lupa ada ritual unik jika kita sudah samapi di Green Canyon, yaitu kita harus melompat dari batu besar yang berbentuk jamur dengan ketinggian +/- 6 meter, sensasinya luar biasa bagi yang pernah mencoba dan dijamin pasti ketagihan dan mau untuk mencobanya berulang-ulang


Tempat ritual melompat dari batu yang berbentuk jamur

Semoga bisa menjadi refrensi bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke Green Canyon Pangandaran, jangan lupa teman teman jaga kebersihannya, jangan buang sampah sembarangan, "Keep Clean"

Related Posts:

0 Response to "Green Canyon atau Cukang Taneuh Keajaiban Alam di kawasan Pangandaran"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda