Pantai Sepanjang Gunungkidul Jogjakarta (Amazing Gunungkidul) Indonesia Bagus

Setelah Kami puas dengan petualangan kami di goa jomblang dan goa pindul kami beristirahat dirumah sahabat kami Mas Topik yang berada di wonosari, kami bermalam disana dan dijamu dengan luar biasa, pokoknya mas topik sekeluarga terimakasih sudah mau direpotin sama kami 3 hari 2 malam, kalian luar biasa biar Tuhan yang membalas semua kebaikan mas topik sekeluarga.




OK akhirnya kami meminjam motor yang dimiliki oleh mas topik ( wah ternyata temanku yang satu ini juragan motor ha..ha..ha..ha..jadi nggak bingung masalah kendaraan) oke setelah diberikan peta wisata oleh mas bro topik maka perjalan kita lanjutkan untuk menelusuri pantai yang ada di gunung kidul pantai pertama  yang kita kunjungi adalah pantai sepanjang, pantai sepanjang terletak di di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari (Bisa dilihat di google map ya Bro n Sis) berdekatan dengan pantai kukup, memang enak sekali kalau kita bisa naik motor saat wisata ke gunung kidul banyak destinasi wisata yang bisa kita kunjungi dengan leluasa.

Pantai sepanjang sendiri berada di jejeran pantai pantai yang merupakan objek wisata yang terdapat digunung kidul sehingga rute yang ditempuh sebenarnya tidak akan berbeda dengan rute menuju pantai pantai lain yang terdapat di gunung kidul berikut ini rute yang dapat kita tempuh

Rute dari Klaten : Lewat arah ke Cawas – Semin – Karangmojo – Rongkop – Pantai Siung - Desa tepus - Pantai Indrayanti - Pantai Sundak - Pantai Krakal - Pulau drini - Pantai Sepanjang

Rute dari Kota Solo : Solo ke Sukoharjo menuju Wonogiri ambil arah Wuryantoro kemudian Eromoko kemudian Pracimantoro kemudian Rongkop kemudian Girisubo kemudian Purwodadi yang masuk kecamatan Tepus dan terakhir Pantai Siung Desa tepus - Pantai Indrayanti - Pantai Sundak - Pantai Krakal - Pulau drini - Pantai Sepanjang

Jalur dari Tengah seperti dari kota Klaten : Dari Semanu ke  Giripanggung ke Sumberwungu ke Klayu ke Gude ke Blekonang kemudian Winangun dan Pantai Siung. Atau bisa juga dari arah Giripanggung menuju Cuelo ke selatan kemudian Winangun dan pantai Siung.Desa tepus - Pantai Indrayanti - Pantai Sundak - Pantai Krakal - Pulau drini - Pantai Sepanjang

Jalur dari Timur bisa dari Pracimantoro ke arah Kecamatan Rongkop atau Baran ke selatan arah Nglindur ke Pertigaan sebelum Pasar Ngrancah (di tengah ada Tugunya) belok ke kanan ke pasar Jepitu kemudian lurus terus ke arah pertigaan  Winangun dan belok kiri Pantai Siung.

Alternatifnya bisa dari Timur atau Utara  ke arah Song Banyu atau arah pantai Sadeng ke pertigaan ke kanan arah Pasar Ngrancah (kalau ke kiri ke Pantai Sadeng) ke pertigaan yang ada Tugu di tengah kemudian Belok Kiri arah ke Pasar Jepitu setelah itu lurus terus ke arah pertigaan  Winangun dan belok kiri Pantai Siung - Desa tepus - Pantai Indrayanti - Pantai Sundak - Pantai Krakal - Pulau drini - Pantai Sepanjang

Keterangan  rute dari Kota Jogjakarta :
Jika kita berangkat dari kota Yogyakarta bagian utara kita bisa melalui jalan menuju Candi Prambanan kemudian ketika sampai di pertigaan lampu merah setelah jembatan di dekat Candi Prambanan kita ambil kanan lurus aja sampai menemukan pertigaan piyungan kemudian kita ambil kiri.Jika kita dari arah Jogja selatan kita bisa lewat jalan wonosari atau arah ke Kids Fun lurus saja ke arah timur nanti menemukan pertigaan piyungan arah timur atau lurus saja kemudian kita menjumpai jalanan yang naik dan berkelok jadi harap hati - hati ketika melewati kawasan ini.Kemudian akan menjumpai pertigaan Gading atau dikenal pertigaan Lapangan AAU Gading. Untuk jalur kota Wonosari, kita harus mengambil arah lurus menuju ke Bunderan Siyon.Kita bisa memilih melewati pusat kota dengan berjalan lurus atau mengambil rute Ring Road di arah kanan. Tujuan kedua rute ini sama-sama menuju pertigaan Mulo ( di pertigaan ini ada papan arah pilihan pantai, seperti foto di atas sendiri halaman ini ) dihadapkan lagi pada dua pilihan jalur, yakni Jalur Tepus dan Tanjungsari.

Dari arah Tanjungsari
Dari pertigaan Mulo, kita harus mengambil arah lurus kearah Tanjungsari, dimana kita akan bertemu dengan pertigaan yang terhubung dengan jalur dari arah Trowono (Jalur Selatan). Pada titik ini kita dapat berjalan lurus, langsung menuju kawasan pantai. Dimulai dari Pantai Baron, Kukup, Drini, Krakal, Sundak, dan paling ujung Indrayanti atau Pulang Syawal.

Dari arah Tepus
Jika dari daerah Tepus, pemandangan perbukitan karst dan pedesaan akan mewarnai perjalanan kita. Kita akan melewati pusat kecamatan Tepus kemudian akan menemukan pertigaan Tepus, dengan arah kiri menuju Pantai Wediombo dan Siung, sementara arah kanan menuju ke Indrayanti atau Pulang Syawal. Ambilah arah kanan karena setelah sekitar 5 km,kita akan tiba di Pantai Indrayanti.

Rute kawasan Pantai  : Wonosari ke Mulo, dari pertigaan Mulo ini lurus saja ke arah Baron, 1km sebelum Pantai Baron ada pertigaan ambil ke kiri ke arah Pantai Kukup, Pantai sepanjang, Pulau Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Indrayanti kalau terus menuju Desa Tepus dan pertigaan Winangun atau Nangun ke kanan arah Pantai Siung.


Pantai sepanjang untuk biaya masuk dan parkir Rp.12.000 permotor, lalu kami parkirkan motor dan langsung menuju pantai, luar biasa walaupun sudah ramai pengunjung tapi pasir pantainya itu loh yang bener bener bikin aku kesemsem, putih bersih dan juga air lautnya yang biru, dengan langit yang cerah menambah keindahan dari pantai sepanjang ini.






Indah sekali kan Bro n Sis, jadi jangan lupa jika berkunjung kepantai sepanjang tetap jaga kebersihan, buanglah sampah pada tempatnya, jika tidak ada tempat sampah ya simpan dulu sampahnya sampai menemukan tempat sampah, "Keep Clean"

Related Posts:

0 Response to "Pantai Sepanjang Gunungkidul Jogjakarta (Amazing Gunungkidul) Indonesia Bagus"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda