Pantai Sayangheulang Kab.Garut Selatan

Pantai Sayang heulang adalah pantai yang memiliki cirikhas yang unik yang akan membuat mata anda berdecak kagum yang terletak di kabupaten Garut selatan. Pantai ini berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kab. Garut Selatan. Berjarak kira-kira 88 km dari kota Garut.  


Akhirnya setelah kami puas menikmati matahari tenggelam di Pantai Santolo, kami berisitirahat di malam harinya di suatu penginapan yang berjarak dari pantai sekitar 1.5Km jauhnya, tak sengaja di saat kami hendak menuju ke penginapan di sinilah kami melihat papan petunjuk bertuliskan (Pantai Sayang Heulang 1Km) , maka kami sepakat besok pagi kami akan melihat matahari terbit di sana.


Sebenernya untuk menuju Pantai Sayang heulang itu tidaklah sulit karena pantai ini hanya berjarang +/- 500 m dari pantai santolo, dan posisinya jika kita berangkat dari bandung atau jakarta Pantai Sayang heulang berada paling awal sebelum Pantai Santolo, jadi kalau teman-teman sudah berhasil sampai kepantai Santolo dengan selamat maka teman-teman sudah melewati Pantai Sayang heulang, nah berikut ini rute yang bisa ditempuh untuk sampai ke Pantai Sayang heulang

Untuk para backpacker sejati rute perjalanan bisa ditempuh menggunakan kendaraan umum dengan menaiki mobil Elf jurusan Garut-Pameungpeuk seharga Rp. 35.000,- dan turun di Pasar Pameungpeuk. Lalu dilanjutkan dengan naik Pick Up menuju Pantai Shayangheulang, yang tarifnya sekitar Rp. 15.000.

Atau ada rute alternative yang bisa teman-teman pakai
Rute Normal lewat Garut Kota – Cikajang – Cikelet dan Pameungpeuk, bisa ditempuh dengan menggunakan Kendaran umum dari terminal Cicahem (pakai Bis) atau terminal Leuwipanjang Bandung dengan Kendaraan ELF (minibus), membayar Rp. 35.000,- dan 4 – 5 jam perjalanan teman-teman sudah sampai di Pameungpeuk lalu sampai di (Pantai Sayangheulang), sedangkan untuk menggunakan kendaraan Pribadi (Mobil) akan menghabiskan BBM (Bensin) sekitar Rp. 100.000,- sampai Rp 200.000,- saja, sedangkan pakai Motor (BBM Pertamax hanya habis Rp. 35.000,- sampai 65.000,- saja).
Menggunakan Rute Ciwidey – Cisewu – Bungbulang – Pameungpeuk jarak tempuh lumayan jauh dan belum ada kendaraan umum, tapi pemadangan disekitar lebih bagus, diperkirakan jarak tempuh kalau lewat rute ini sekitar 200 – 250 Km dan 7 Jam perjalanan. Km dan 7 Jam perjalanan.

Nb: Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu, jadi jangan dijadikan patokan

Jam sudah menunjukan pukul 5.30WIB, tanpa mandi kami langsung bergerak menuju Pantai Sayang heulang untuk melihat matahari terbit, tapi sangat disayangkan saat itu kami tidak mendapatkan momen tersebut matahari sembunyi dibalik mendungnya awan, Hufff....!!.

Saat kami sampai di pantai kami disambut dengan monumen patung burung elang, awalnya saya mengira pantai ini tidak terawat dan pasti pemandangannya tidak akan bagus, ya karena tampilan pada saat kami masuk memang kurang meyakinkan, tetapi setelah saya menginjakan kaki di pasir pantainya, luar biasa...!!!! saya baru melihat pemandangan pantai seperti ini untuk pertama kalinya, indah sekali pasir yang putih, bersih tidak ada sampah dan ini yang membuat saya bingung dan terperanga kok bisa sih...!!!pasir pantai dan air lautnya terpisah jauh sekali, jadi ombak tidak langsung menghempas bibir pantai, kami seakan-akan bisa berjalan sampai ketengah laut, jadi teman-teman dari pasir pantai menuju air lautnya terpisahkan oleh ganggang hijau dan rumput laut serta batuan karang, sebenarnya ganggang hijau, rumput laut, dan batu karang ini akan digenangi air laut pada saat malam hari atau pada saat air pasang, sehingga pada waktu siang hari air laut akan surut sampai sejauh 1km (ini perkiraan saya saja), sehingga kami semua bisa bermain main disana serasa berjalan ditengah laut, kita bisa melihat berbagai jenis rumput laut dan juga hewan yang tertinggal disana.


Monumen Burung Elang



Semoga bisa menjadi refrensi untuk teman-teman yang akan berkunjung ke Pantai Sayang heulang Kab.Garut Selatan.

Tetap jaga kebersihan ya teman-teman, jangan buang sampah sembarangan, setelah menikmati keindahannya jangan lupa tetap menjaganya. "Keep Clean"

 Inilah video penampakannya


Related Posts:

0 Response to "Pantai Sayangheulang Kab.Garut Selatan "

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda