Pantai Ranca Buaya Kab.Garut Selatan

Pantai Rancabuaya merupakan salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Garut selatan selain Pantai Sayang heulang dan juga Pantai Santolo, Jawa Barat, Indonesia.
Setelah kami puas menikmati keindahan Pantai Sayang heulang, kami lanjutkan perjalanan kami menuju Pantai Ranca buaya, jarak yang kami tempuh dari pantai sayang heulang sejauh 25 Km dan kami tempuh dalam waktu 1 jam, rute jalannya cukup mengikuti jalan utama yang terletak didekat pantai sayang heulang dan juga santolo, lurus saja tidak usah belok sampai kita menemukan papan petunjuk yang bertulisakan Pantai Ranca Buaya , tapi jangan kuatir jalanan sudah bagus teraspal dengan baik, dan selama perjalanan kita akan melihat pemandangan pantai disebelah kiri kita karena memang kita sedang menelusuri pinggiran pantai yang berada di Kab.Garut Selatan, dan juga pemandangan sabana atau hamparan rumput di sebelah kanan kita.

Untuk menuju pantai Rancabuaya, anda bisa menggunakan beberapa alternatif jalan:
  1. Jalur Garut - Pamempeuk - Rancabuaya . Jalur ini melewati kota Garut terlebih dahulu dengan kondisi jalan cukup baik.
  2. Jalur Bandung - Pangalengan - Rancabuaya. Jalur ini memiliki kondisi jalan yang bagus dan telah di hotmix pada hampir setengah jalannya. Merupakan jalur yang baru diperbaiki dan dibangun.
  3. Jalur Bandung - Ciwidey - Cidaun - Rancabuaya. Jalur ini melewati kawasan Bandung Selatan, sebagian dari jalur ini menggunakan jalan lintas selatan Jawa Barat yang menyusuri sepanjang Pantai Selatan di wilayah Jawa Barat.
 
Satu jam sudah kami tempuh perjalan, dan sampailah kami di Pantai Ranca Buaya, kami melewati pos retribusi dan membayar uang masuk Rp.3.000/orang, WOW....!!!ternyata sepanjang pantai dari sayang heulang sampai ranca buaya tarif masuknya sama rata. (luar biasa....sambil tepuk tangan he..he..he..)
Pantai Ranca Buaya memiliki batuan karang yang besar langsung berbatasan dengan Samudra Hindia sehingga memiliki ombak yang cukup besar. Yang menarik dari pantai ini adalah banyaknya batuan karang yang cukup besar, juga terdapat tebing batuan yang cukup tinggi dan yang istimewa dari pantai ini adalah adanya air terjun atau sering disebut Curug yang langsung menghadap kepantai. Hal lain yang menarik yaitu banyaknya ikan-ikan kecil yang terperangkap dikarang-karang yang terbawa oleh ombak.
Pantai Rancabuaya merupakan tipe pantai berbatu karang sehingga kurang cocok untuk berenang. Tipikal pantainya yang lain yaitu hampir sama dengan Pantai Sayangheulang, yaitu air laut tidak langsung menyentuh bibir pantai, hanya saja di Pantai Ranca Buaya bukan ganggang hijau atau rumput laut yang memisahkannya tapi batu karang yang besar-besar dan juga tajam, tapi luar biasa pemandangannya indah, banyak juga orang yang mancing disini, tempat sudah tertata dengan baik dan rapi, tapi sayang sedih saya bahwa sampah berserakan dimana mana (Hiks..Hiks....!!) ayo teman-teman jaga dengan baik keindahan alam kita ini jangan meninggalkan sesuatu yang bisa merusak keindahnnya.



Semoga Bisa memberikan refrensi untuk teman-teman yang ingin melakukan perjalanan ke pantai Ranca Buaya, tetap diingat jaga kebersihan, "Keep Clean".


Inilah video penampakannya




Related Posts:

0 Response to "Pantai Ranca Buaya Kab.Garut Selatan "

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda