Embung Nglanggeran dan Gunung Api Purba Gunungkidul Jogjakarta (Amazing Gunungkidul) Indonesia Bagus

Perjalan terakhir kami di Gunungkidul Jogjakarta adalah mengunjungi Gunung Purba dan Embung Ngelanggeran, Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Koordinat GPS (lokasi): S7°50′28″ E110°32′29″ (lihat peta). Merupakan Kawasan Baturagung di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl dan suhu udara rata-rata 23˚C - 27˚C. Lokasi berjarak tempuh 20 km dari kota Wonosari dan 25 km dari kota Yogyakarta.


Rute yang dapat kita tempuh dari jogja seperti berikut:

Rute Lokasi Embung Nglanggeran dari Jogja (Barat):
Jogja - Jalan Wonosari - Piyungan - Bukit Hargodumilah atau “Bukit Bintang” - Perempatan Timur Radio GCD FM Patuk ke kiri - Desa Ngoro-Oro (banyak terdapat tower - menara relay atau transmisi stasiun TV) - Pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II ke kanan - Pendopo Kalisong ikuti terus jalan aspal - pertigaan setelah SDN Nglanggeran ke kiri - liat papan petunjuk menuju Kebun Buah Nglanggeran di jalan tikungan dan pertigaan - Kebun Buah Nglanggeran

Rute Lokasi Embung Kebun Nglanggeran dari Wonosari (Timur):
Wonosari - Bundaran Siyono - Tugu Batas Kota Wonosari - Lanud TNI AU Gading - Rest Area Bunder - Pertigaan Sambi Pitu memutar ke kanan - sekitar 50 meter ada pertigaan ke kiri masuk Padukuhan Widoro Wetan - Balai Padukuhan Nglanggeran Wetan - pertigaan ke kanan - Kebun Buah Nglanggera


ya memang sangat disarankan untuk menggunakan sepeda motor untuk bisa jalan-jalan menelusuri tempat tempat wisata di gunungkidul jogja, (lebih enak Bro n Sis.....!!!)

waktu sudah menunjukan pukul 17:00 kami sudah berencana untuk melihat matahari terbenam diatas puncak gunung purba, tapi apa daya setelah bertanya kepada salah satu penjaga disana untuk bisa sampai kepuncak membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam, wah ya nggak mungkin kita bisa mengejar matahari terbenamnya, padahal di gunung purba juga ada 7 lokasi yang harus dikunjungi, ya jadi kami putuskan tidak mungkin melihat matahari terbenam disana, akhirnya kami semua berangkat menuju Embung Ngelanggeran untuk melihat matahari terbenam.


Embung adalah kata yang digunakan oleh orang Jawa untuk menyebut telaga buatan. Embung Nglanggeran adalah telaga buatan yang fungsi utamanya adalah untuk mengairi kebun buah di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Selain sebagai sumber pengairan, Embung Nglanggeran juga difungsikan sebagai obyek wisata.



Diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada bulan Februari 2013, Embung Nglanggeran langsung menyedot perhatian wisatawan. Hal ini dikarenakan lokasinya yang unik dan pemandangannya yang ciamik. Embung Nglanggeran terletak di pinggang Gunung api purba Nglanggeran. Lokasi embung dulunya merupakan sebuah bukit yang kemudian dipotong dan dijadikan telaga buatan.

Butuh tenaga ekstra supaya bisa sampai keatas, dengan menaiki puluhan anak tangga, pokoknya ngos ngosan dah he..he..he.., tapi semua terbayarkan setelah kita sampai diatas Beuh...!!!! pemandangannya indah banget Bro n Sis, matahari terbenamnya itu loh sesuatu banget ha..ha..ha..spot foto yang bagus untuk pecinta fotografi dan juga selfie, perpaduan warna awan dan juga bukit ditambah dengan gunung purba dan taman buahnya, sampai nggak bisa ngomong saya terpesona banget. tempatnya masih bagus, dan juga bersih jarang saya menemukan sampah disini, mungkin karena gunung purba masih disucikan oleh penduduk sekitar, sehingga kita tidak bisa berbuat macam-macam di sekitaran area tersebut, jangankan buang sampah sembarangan ngomong kotor saja dilarang ha..ha..ha.., ada bagusnya juga lah jadi bersih tempatnya he...he..he..




Oke semoga bisa menjadi refrensi untuk Bro n Sis yang ingin melakukan perjalanan menuju Gunug Purba dan Embung Nglanggerang, tetap jaga kebersihan ya buang sampah pada tempatnya, jika tidak ada tempat sampah simpan sampahnya sampai menemukan tempat sampah, "Keep Clean" Tuhan memberkati.

Ini penampakan videonya

   

Related Posts:

0 Response to "Embung Nglanggeran dan Gunung Api Purba Gunungkidul Jogjakarta (Amazing Gunungkidul) Indonesia Bagus"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda