Curug Luhur Cigangsa Surga tersembunyi kedua setelah cikaso (Amazing Sukabumi) Indonesia Bagus

Setelah tak jemu-jemu mengagumi keindahan curug cikaso, kami putuskan untuk kembali ke bandung tapi ternyata teman saya mengatakan bahwa dia baru saja melihat disalah satu website bahwa masih ada curug lagi yang tidak jauh dari curug cikaso bernama Curug Luhur Cigangsa. Berjarak sekitar 110 Km kearah selatan kota Sukabumi atau 1 km dari kecamatan Surade. Jika dari Curug Cikaso hanya sekitar 10 km dengan memakan waktu sekitar ± 30 menit dengan berjalan kaki.  Untuk mencapai lokasi ini cukup sulit karena harus melewati jalan setapak yang jalanannya cukup menantang dan menyebrangi sungai yang airnya cukup deras.



Rute menuju Curug Cigangsa dapat ditempuh melalui pertigaan tugu kota Surade.  Untuk sampai ke lokasi, tidak ada tanda arah sama sekali.  Kendaraan berhenti dan diparkir di salah satu rumah warga.  Selanjutnya ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri pematang sawah dan menyeberangi sungai menuju lokasi curug dengan waktu tempuh sekitar 10 menit sampai di bagian atas Curug Cigangsa.  Bila ingin menikmati keindahannya dari bawah tebing harus menuruni lereng yang cukup curam dengan kondisi jalan yang licin dan becek.  Waktu yang dibutuhkan untuk turun ke bawah sekitar 20 menit.

Curug Luhur Cigangsa merupakan obyek wisata yang mempunyai nilai sejarah dan berada di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi Propinsi Jawa Barat. Sungai Cigangsa merupakan aliran sungai hanyutnya Nyi Putri Suradewi yang merupakan putri dari Rd. Jagabaya yang menjadi Bupati Galuh Imbanagara dari tahun 1732 – 1751 Masehi. Nyi Putri Suradewi adalah adik dari Rd. Suranangga atau di daerah Surade lebih dikenal dengan nama Eyang Wirasantri Dalem Cigangsa. Beliau adalah tokoh pendiri Surade.

Setelah kami sampai kami parkirkan kendaraan kami di rumah milik salah satu warga disana, dengan membayar Rp.20.000, lalu kami ditunjukan jalan menuju ke curug, kami harus melewati persawahan dan ternyata jalan untuk menuju curug sudah dibuatkan oleh warga sekitar, sudah terdapat anak tangga dan juga pegangannya, sudah lebih rapi dan terawat hanya saja bagian yang sudah mendekati curug mulai tidak terurus, rasanya kami seperti melewati hutan rimba (lebay ha..ha..ha..) setelah menempuh perjalanan turun sekitar 200 - 300 m, kami tiba di curug luhur cigangsa keadaan curug saat itu sedang kering jadi air yang turun sedikit, dan kerennya hanya kami bertiga yang ada dicurug itu (keren..!!!) andai aliran air yang turun deras pastinya kami tidak dapat bebas untuk berfoto dan mengabadikan gambar kami ditengah tengah curug. sebenarnya kita bisa turun lagi untuk mengeksplore bagian bawah curug akan tetapi kami sudah kehabisan waktu harus kembali ke bandung, tapi jika kalian semua sudah ke curug cikaso jangan lupa juga mampir ke curug cigangsa, nggak kalah keren pokoknya.




Dan akhirnya ekspedisi Kab.Sukabumi kami berakhir, luara biasa Sukabumi banyak tempat yang menarik dan layak dikunjungi, lain kali kami akan kesana untuk menelusuri tempat-tempat yang masih jarang dikunjungi dan pastinya akan kami share kepada semua teman teman.
Semoga bisa menjadi refrensi untuk teman teman yang ingin menuju curug cigangsa, jangan lupa tetap jaga keindahannya dan kebersihannya,"Keep Clean" Tuhan memberkati


Ini video penampakannya




Related Posts:

0 Response to "Curug Luhur Cigangsa Surga tersembunyi kedua setelah cikaso (Amazing Sukabumi) Indonesia Bagus"

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda