Curug cikaso surga tersembunyi Kab.Sukabumi (Amazing Sukabumi) Indonesia Bagus

Setelah puas menikmati pantai muara kami melanjutkan perjalanan kami menuju curug cikaso, curug cikaso sendiri terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kec. Surade, Kab. Sukabumi Propinsi  Jawa Barat. Berjarak tempuh sekitar 8 kilometer dari Surade, 15 kilometer dari Jampang Kulon, 30 kilometer dari Ujunggenteng, dan sekitar 110 kilometer dari Kota Sukabumi. Atau +/- 70 km dari Palabuhanratu. Umumnya rute perjalanan menuju Curug Cikaso diawali dari kota kecil Surade yang memakan waktu tempuh sekitar setengah jam (berjarak tempuh sekitar 8 km) dengan kendaraan roda dua atau empat hingga tiba di pertigaan Jalan Cikaso dengan kondisi jalan yang berliku dan beraspal baik.
Setelah kami sampai kami parkirkan kendaraan kami lalu membayar tiket masuk, jadi total pengeluaran kami untuk parkir Rp.12.000, biaya sewa perahu Rp.75.000 dan juga tiket masuk per orang Rp.6.000, kami memilih menggunakan perahu karena mengejar waktu untuk kembali pulang ke bandung, sebenarnya bisa jika kita ingin berjalan kaki tapi waktu tempuh kurang lebih 20menit melewati persawahan dan hutan. setelah kami membayar kami diantar untuk menuju perahu yang akan membawa kami ke lokasi curug, jarak tempuh dengan menggunakan perahu relatif lebih dekat, dan suasana didalam perahu juga menyenangkan kita bisa serasa berada di grand canyon pangandaran, warna airnya hijau bersih dan terjaga. tidak sampai 5 menit kami sudah bisa turun dari perahu dan mengikuti jalan setapak yang berjarak kurang lebih 100m dan sampailah kita di curug cikaso.




Curug Cikaso sebenarnya bernama Curug Luhur, mengalir dari anak sungai Cikaso yang bernama Cicurug. Tapi oleh kebanyakan orang, curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Cikaso.  Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan.  Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur.  Masing-masing air terjun mempunyai nama masing. Yang kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki.  Ketiga curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m. dan hati hati disini kita tidak diijinkan untuk berenang karena kedalaman air mencapai 40m.

Berkunjung ke Curug Cikaso sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena bias sinar matahari yang baru terbit akan tercipta dengan jelas dari butir-butir halus cipratan air terjun. pas sekali bagi yang hobi fotografi dan selfie ha..ha..ha..ha..





Semoga bisa menjadi refrensi teman teman yang ingin berkunjung ke curug cikaso, jangan lupa dijaga ya keindahan dan kebersihannya, "Keep Clean" Tuhan memberkati


Ini video penampakannya



Related Posts:

2 Responses to "Curug cikaso surga tersembunyi Kab.Sukabumi (Amazing Sukabumi) Indonesia Bagus"

  1. Keren...!!!sukabumi memang keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. @b3nks memang keren mas/mbak sukabumi, nggak nyesel kesini, terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung, silahkan bertanya mengenai perjalanan kami, dengan senang hati kami akan menjelaskannya kepada Anda